Puluhan Hektar Tanaman Jagung Terancam Gagal

  • Whatsapp

Sampang, beritalima.com –  Salah seorang Ketua kelompok Tani mengeluh karena puluhan hektare tanaman jagung di daerahnya terancam gagal panen yang di sebabkan oleh cuaca yang kurang memadai pada sejumlah wilayah Kabupaten Sampang tersebut.

Dasarnya, jagung merupakan salah satu kebutuhan pokok para petani, selain untuk meningkatkan ekonomi, jagung juga merupakan sebuh makanan pokok untuk meringankan beban pengeluaran sehari-hari. Namun, karena perubahan cuaca yang tak menentu kini tanaman jagung terancam tak dapat dinikmati oleh kalangan petani, Senin (07/11/2016).

Pantauan beritalima.com, dari salah satu pengurus Kelompok Tani (POKTAN) di Desa Banjar Talela Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Syairi mengatakan gagalnya penanaman jagung kali ini di sebabkan oleh pergantian musim, meski saat penanaman hujan namun kini sekitar satu bulan tak ada hujan turun.

“Waktu penanaman hujan mas, namun setelah sekitar satu bulan hujan tidak lagi melanda sehingga meski tanaman jagung hidup tidak ada buahnya yang dapat di nikmati para petani” ujar Syairi pada awak media.

Selain itu, masih Syairi “padahal kelompok tani kami sudah menambah perairan untuk mengatasi hal seperti ini yakni menghindari terjadinya gagal panen. Namun, perairan masih kurang karena lahan pertanian di daerah kami cukup luas, sehingga masih ada lahan pertanian yang tak terjangkau oleh penambahan perairan tersebut” pungkasnya.
(Adie)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *