Pushidrosal Hadir Dalam Pertemuan ke-8 Dewan IHO Di Monako

  • Whatsapp
Pushidrosal ikut hadir dalam acara IHO di Maroko

Jakarta, beritalima.com| – Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dengan komandan Laksamana Madya TNI Budi Purwanto menghadiri Pertemuan ke-8 Dewan International Hydrographic Organization (IHO) berlangsung di Monte Carlo, Monako, 15-17 Oktober 2024.

Kehadiran Pushidrosal sebagai wakil Indonesia, merupakan salah satu implementasi perannya menjalani mandat diplomasi hidrografi sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, serta upaya untuk memperkuat pengaruh Indonesia mengawal kepentingan nasional di tingkat dunia.

IHO sendri berdiri sejak 1921 dan awalnya bernama International Hydrographic bureau (IHB) dengan kantor pusat di Monako.

Sebagai badan internasional bertanggung jawab terhadap standar hidrografi dan keselamatan pelayaran, IHO melakukan pertemuan rutin dengan negara anggota melalui sidang majelis (Assembly) dan dewan IHO (Council). Pertemuan Dewan IHO pertama kali di Monako pada 2017.

Dewan IHO melaksanakan pertemuan satu kali dalam setahun guna menyerahkan rancangan keputusan untuk disetujui Majelis IHO. Dewan IHO terdiri dari 30 perwakilan negara Anggota IHO. Dua pertiga kursi Dewan IHO diisi negara-negara Anggota yang dipilih oleh Regional Hydrographic Commission (RHC). Sepertiga kursi Dewan lainnya diisi oleh negara-negara Anggota yang memiliki minat terbesar dalam hidrografi (Hydrographic Interest).

Indonesia diwakili oleh Pushidrosal telah menjadi Anggota Dewan IHO sejak 2017. Kini, Indonesia menjabat sebagai Ketua RHC East Asia Hydrographic Commission (EAHC).

Pertemuan Dewan IHO ke-8 tahun ini di Monako dihadiri oleh 130 peserta terdiri dari anggota tetap Dewan (salah satunya Indonesia), ketua komisi-komisi regional IHO, badan-badan di bawah IHO, IMO, pengamat dan organisasi internasional lain yang terkait.

Agenda utama pertemuan membahas program kerja dan anggaran, laporan keuangan, menerima laporan dari badan-badan IHO, pendirian S-100 Infrastructure Center Establishment (ICE) dan pembentukan Kelompok Kerja Reviu Rencana Strategis 2027 – 2032 serta menyiapkan materi atau publikasi yang akan diusulkan pada sidang Majelis 2026.

Di sela-sela pertemuan tingkat tinggi IHO ini, untuk meningkatkan kerja sama hidrografi, juga pertemuan bilateral dengan delegasi dari Banglades, Inggris (UKHO), HNHS Yunani dan IC-ENC.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait