‘Rail Clinic’ dan ‘Rail Library’ Meriahkan Perayaan HUT KAI ke-79 di Bangil

  • Whatsapp

PASURUAN, beritalima.com | KAI Daop 8 Surabaya hadirkan layanan kesehatan dan perpustakaan dalam kereta di Stasiun Bangil, Pasuruan, Selasa (10/09/2024). Di samping itu juga bagikan berbagai bantuan.

Dihadirkannya ‘Rail Clinic’ dan ‘Rail Library’ ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) KAI Daop 8 Surabaya dalam rangka perayaan HUT ke-79 KAI.

Selain itu, sebagaimana dikatakan Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, dalam kegiatan ini pihaknya mengundang warga dan pelajar SD yang berada di dekat area Stasiun Bangil.

Luqman menjelaskan, dihadirkannya ‘Rail Clinic’ dan ‘Rail Library’ tidak lain untuk memberikan pelayanan kesehatan primer atau tingkat pertama dan pelayanan perpustakaan.

Disebutkan, ‘Rail Clinic’ ini merupakan generasi ke-4 yang ada laboratoriumnya. Hadir bersama Tim Kesehatan Daop 8 Surabaya yang terdiri dari 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 bidan, 2 apoteker, dan 14 paramedis.

Di ‘Rail Clinic’ ini Tim Kesehatan Daop 8 Surabaya melakukan pemeriksaan kesehatan umum, gigi, mata, ibu dan anak. Selain itu, mereka juga memberikan penyuluhan kesehatan.

Sementara itu, serangkaian dengan ‘Rail Clinic’, ‘Rail Library’ banyak dimanfaatkan para siswa SD untuk baca-baca. Di ‘Rail Library’ ada ratusan buku bacaan.
Selain itu ada juga ‘e-Library’ (perpustakaan elektronik), berupa monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan dan video edukatif yang terkoneksi dengan internet.

Luqman mengatakan, kegiatan ini dimulai sejak pukul 08.00. Dia menyebut, penyuluhan kesehatan yang diberikan terkait pencegahan stunting dan kesehatan gigi. Juga, sosialisasi keselamatan dan keamanan perjalanan KA oleh Polsuska Daop 8 Surabaya.

Selain itu, dalam kegiatan ini pihaknya juga memberikan puluhan paket gizi sehat dan kacamata baca serta saranan olahraga kepada siswa SDN 3 Kiduldalem. Untuk bantuan sarana olahraga juga diberikan kepada SDN 1 Kiduldalem.

Luqman Arif mengatakan, dengan diberikannya sarana perlengkapan olahraga ini diharapkan para siswa dapat melakukan aktifitas positif di sekolah, dan tidak melakukan kegiatan maupun aktifitas lain di sekitar jalur KA.

Dan dengan diberikannya pengobatan melalui Rail Clinic ini, masih menurut Luqman, KAI berharap tingkat kesehatan warga yang di sekitar stasiun wilayah kerja KAI semakin menjadi lebih baik.

“Pada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api juga kami ajak untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI,” pungkas dia. (Gan)

Teks Foto: Para siswa manfaatkan kehadiran ‘Rail Library’ di Stasiun Bangil, Selasa (10/09/2024).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait