Rampung 100 Persen, Verifikasi Ulang Data Pencoklitan

  • Whatsapp

Timika, beritalima.com. Koordiv Data KPU Kabupaten Mimika Papua Tengah, Budiono mengatakan, petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) telah melakukan 100 persen tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Alhamdulilah ditanggal 24 itu semua data telah selesai 100 persen di upload di E-coklit,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Saptu (03/8).

Namun Budi katakan, data hasil dari E-coklit harus disinkronkan kedalam aplikasi Sidali sebagai bahan untuk menjadi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP).

“Saat ini sedang dilakukan sinkoronisasi data, jadi apabila ada data yang dobel maka secara otomatis akan kami gunakan data yang dilapangan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk data sinkronisasi di Distrik Pedalaman telah selesai 100 persen namun untuk Distrik Miru dan Distrik Wania masih dalam tahap sinkron.

“Untuk pedalaman sudah selesai sinkron 100 persen, memang hanya 2 Distrik Kota yang belum selesai, karena memang Distrik Kota ini yang paling banyak data penduduk yang tidak sesuai alamat tinggal dengan KTPnya, kita lakukan ini agar masyarakat bisa mendapatkan TPS yang sesuai dengan tempat tinggalnya,” jelas Budi.

Ia mengungkapkan, untuk semua hasil sinkronisasi dan rekapitulasi DPHP akan disampaikan di tanggal 7 Agustus 2024. Selanjutnya semua nama Pemilih dan TPS akan diumumkan disetiap Kelurahan sehingga nantinya masyarakat dapat memberikan tanggapan terkait data tersebut.

“Nah nanti kalau sudah kami tempelkan nama-nama di Kelurahan, masyarakat bisa berikan tanggapan, misalnya pemilih melihat tempat tinggalnya tidak sesuai maka bisa memberikan tanggapan sehingga bisa kita rubah TPSnya yang sesuai,” Katanya.

(Timika/lasatya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait