Rangkaian 4 Lokomotif Beda Generasi Masuk MURI

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya dapat penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam memperingati HUT KAI Ke-79, Sabtu (28/9/2024) kemarin.

Ide dalam memeriahkan HUT KAI kali ini memang luar biasa. Dan ini baru kali pertama dilakukannya. Yakni, merangkai 4 lokomotif dari generasi ke generasi yang livery atau coraknya tentu berbeda.

Maksud dan tujuan kegiatan ini, sebagaimana dikatakan Executive Vice President KAI Daop 8 Surabaya, Wisnu Pramudyo, untuk mengenalkan sejarah perkeretaapian, dan meningkatkan antusiasme pelanggan KA yang akan melakukan perjalanan kereta api.

“Dengan dirangkaikannya 4 varian livery lokomotif ini, kami mengenalkan berbagai macam jenis livery lokomotif yang pernah digunakan oleh KAI dari masa ke masa, sehingga masyarakat dapat bernostalgia,” ungkap Wisnu.

Keempat lokomotif yang dijadikan satu rangkaian itu, lokomotif CC201 corak krem hijau, lokomotif CC201 corak merah biru, lokomotif CC203 curak dua garis biru, dan lokomotif CC206 corak terkini.

Kemudian, serangkaian 4 lokomotif itu dirangkai pula dengan 1 Kereta Pembangkit, 2 Kereta Eksekutif dan 2 Kereta Ekonomi yang dipenuhi jajaran Manajemen KAI Daop 8, tamu undangan, dan komunitas Railfans di wilayah Daop 8 yang meliputi IRPS, Java Train, Sahabat Kereta, Si Puong, serta Komunitas Malang Raya.

Rangkaian lokomotif dan gerbong kereta penumpang ini terus berparade, berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng ke Wonokromo – Sidoarjo – Tulangan – Tarik dan kembali ke Surabaya Gubeng.

Kegiatan parade lokomotif ini, sebagaimana ditegaskan Almy Birama dari MURI, baru pertama kali terjadi di Indonesia. Dan, kegiatan KAI Daop 8 Surabaya ini memecahkan rekor MURI.

Karena itu, “MURI mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan menyerahkan piagam penghargaan atas rekor yang dicatatkan, yaitu “Parade Lokomotif Dengan Livery Varian Terbanyak,” kata Yusuf Ngadri.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan Almy Birama kepada Wisnu Pramudyo. Dalam sambutannya, Wisnu mengatakan, perjalanan panjang PT KAI (Persero) dalam melayani masyarakat Indonesia salah satunya tercermin dalam silih bergantinya livery pada sarana kereta dan lokomotif.

Livery pada armada transportasi umum merupakan salah satu identitas perusahaan, begitupun dengan livery pada kereta dan lokomotif, merupakan salah satu identitas PT KAI. Oleh sebab itu, lanjut Wisnu, pada momen peringatan HUT KAI Ke-79 ini, KAI Daop 8 Surabaya berupaya mengingatkan sejarah perkeretaapian Indonesia. (Gan).

Teks Foto: Inilah 4 lokomotif beda generasi yang dirangkai dan dioperasikan PT KAI Daop 8 Surabaya, Sabtu (28/9/2024), dan tercatat di MURI.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait