Ratu Hemas: Kawalitas Anggota DPD RI 2019-2024 Lebih Baik Dibanding Periode Lalu

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas yang dipercaya masyarakat Yogjakarta kembali menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menilai, anggota DPD RI 2019-2024 mempunyai kwalitas cukup baik.

Dengan kondisi itu, Ratu Hemas dengan beberapa rekannya yang dipecat sebagai anggota DPD RI dibawah kepemimpinan Oesman Sapta Odang (OSO) dengan alasan tidak disiplin optimis dengan kondisi demikian lembaga yang menjadi representasi daerah itu akan lebih baik untuk lima tahun ke depan.

“Tujuh puluh persen orang muda, 30 persen perempuan, dan sekitar 80 persen punya pengalaman politik. Itu jelas menggambarkan kualitas,” kata Hemas yang terpilih untuk keempat kalinya sebagai anggota DPD RI dalam keterangan yang diterima Senin (9/7).

Berdasarkan pengalaman dia menjadi anggota DPD RI tiga periode yang dimulai 2004-2009, Ratu Hemas yang selalu mendapat kepercayaan menjadi pimpinan lembaga bentukan era reformasi itu mengetahui persis bagaimana kinerja dan kualitas anggota DPD RI selama ini.

“Baru pada periode lima tahun ke depan saya melihat peningkatan kualitas anggota yang begitu signifikan. Ada keseimbangan yang baik antara politisi senior dengan junior,” kata Ratu Hemas.

Hemas juga menilai adanya keseimbangan kualitas anggota DPD RI dari daerah Indonesia Timur, Tengah dan Barat. “Berkualitas semua, termasuk yang muda. Bahkan, yang paling muda pun punya pendidikan tinggi dan pengalaman profesional milenial yang bagus,” kata dia.

Ia menyebut kondisi itu memberi harapan baru bagi DPD RI. “DPD ini kan tujuan utamanya mewakili kepentingan daerah di parlemen. Dengan kualitas anggota yang lebih baik, tentu fungsi-fungsi dapat dijalankan dengan lebih baik pula.”

Melihat profil anggota baru tersebut, Hemas optimis kualitas lembaganya akan lebih baik dan memberi daerah hasil yang lebih baik pula. “Kita akan melihat aksi-aksi legislasi yang menarik dan bermanfaat ke depan,” demikian Ratu Hemas. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *