Rayakan HUT RI, Dishub Jatim Gratiskan Semua Koridor Trans Jatim

  • Whatsapp

Nyono (kiri) saat mendampingi Pj GUbernur Jatim Adhy Karyono meluncurkan bus Trans Jatim Koridor Lamongan – Gresik. awal pekan ini.

SURABAYA, Beritalima.com-
Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim akan menggratiskan bus Trans Jatim di semua koridor pada 17 Agustus 2024 mendatang. Artinya, semua masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas bus Trans Jatim gratis saat HUT ke 79 RI.

‘’Sudah. Progam gratis naik bis Trans Jatim sudah kami laporkan ke pak Pj Gubernur. Beliau sangat respek dan mendukung sekali,’’ terang Nyono, Kadishub Jatim usai melaporkan progam kerjanya ke Pj Gubernur Jatim di Gedung Grahadi.

Dikatakan Nyono, progam naik bus Trans Jatim gratis bagi masyarakat Jatim telah dilakukan sejak ada bis Trans Jatim. Khususnya saat hari perayaaan Kemerdekaan RI. Kebijakan tarif gratis untuk Trans Jatim bagian memberi kebahagian masyarakat dalam menikmati liburan HUT RI.

‘’Program gratis sudah menjadi program tahunan yang selalu dilakukan Pemprov Jatim. Tahun lalu juga gratis dan berlangsung selama 1 hari tepat di tanggal 17 Agustus. Semoga tahun ini juga bisa. Tingal menunggu persetujuan Pak Pj Gubernur,’’ papar Nyono.

Menyinggung tentang angkutan Trans Jatim koridor IV dengan rute Gresik-Lamongan, Nyono menyampaikan animo masyarakat sangat tinggi. Apalagi hingga tanggal 17 masih diberlakukan tarif gratis.

”Mulai dari launching sampai 17 masih free. Dan animo masyarakat sangat tinggi, sekitar 80 sampai 100 persen tingkat keterisiannya,’’ rinci Nyono.

Nantinya saat diberlakukan dengan tarif, Nyono berharap jumlah penumpang bisa mencapai 50 persen. Hal ini didasarkan atas rute yang dilalui yang merupakan jalur padat pekerja.

”Ini rute yang luar biasa. Ada Smelter Freport, ada JIIPE, ada WBL dimana ribuan pekerja ada dijalur tersebut. Ini rute yang luar biasa,” lanjutnya.

Sejauh ini penumpang pekerja di koridor IV jumlahnya mencapai 20 persen. Jumlah ini diyakini oleh Nyono akan terus meningkat seperti di koridor lainnya.

Menyinggung tentang target pengoperasian Trans Jatim sampai akhir tahun 2024. Nyono menyampaikan setidaknya ada 5 koridor yang bisa dibuka diwilayah Gerbang Kertasusila. Rute baru yang disiapkan adalah Bangkalan yang akan dibuka pada bulan September mendatang.

”Target kita sampai akhir tahun ada lima koridor dari 10 koridor yang kita akan buka. Lima koridor lainnya akan kita buka saat gubernur baru terpilih,” pungkas Nyono.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait