Realisasi Program Jambanisasi Kodim 0809/Kediri

  • Whatsapp

KEDIRI- Perjalanan Program Jambanisasi Kodim 0809/Kediri sudah berlangsung, dan beberapa objek jambanisasi yang tersebar di 29 Kecamatan se-Kota dan Kabupaten Kediri juga sudah mulai dilaksanakan. Koramil-Koramil jajaran Kodim Kediri telah merencanakan dan melaksanakan program jambanisasi dengan alokasi 414 unit yang tersebar di 207 Desa / Kelurahan, dan alokasi tersebut dikerjakan langsung oleh anggota Koramil berserta masyarakat, Jumat (07/04/2017)

“Dari 3 Kecamatan yang ada di Kota Kediri dan 26 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri, Kodim Kediri mengalokasikan 368 objek jambanisasi yang tersebar di 184 desa atau kelurahan, itupun masih ditambah alokasi46 objek jambanisasi lagi. Program ini sekaligus, mengurangi kecenderungan masyarakat yang buang hajat di pinggir sungai ,dan ketergantungan penggunaan wc umum,”jelas Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf Warsito.

Lanjutnya, sebaran program jambanisasi tersebut, lebih difokuskan pada keluarga tidak mampu, dan belum memiliki sama sekali tempat pembuangan tinja. Support tenaga, sangat mendukung pada pelaksanaan program jambanisasi ini, tanpa peran masyarakat, mungkin sulit bisa dituntaskan tepat waktu, sesuai rencana yang sudah diagendakan.Penyebab dari banyaknya warga desa di kabupaten kediri yang belum memiliki jamban adalah kemampuan ekonomi. Oleh karena itu, melalui program jambanisasi diharapkan jumlah KK yang belum memiliki jamban akan berkurang.

“Program ini, lebih mengarah pada pola hidup sehat dan lingkungan yang bersih, dari masyarakat yang memang perlu dan harus dibantu. Suatu komunitas yang sudah mencapai status Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan.Semua masyarakat berhenti BAB di sembarang tempat,”ungkap Kapten Inf Warsito. (Penrem 082/CPYJ).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *