Renang, Apa Manfaatnya

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Setiap hari besar kolam renang selalu penuh dengan lautan manusia,ada yang sedang serius berenang, ada yang main dengan air seperti sekelompok anak kecil bersanda hura teriak sana sini,mereka kelihatan happy Manfaat renang untuk anak lainnya adalah meningkatkan kepercayaan diri. Ketika berenang, Si Kecil akan bermain dan bertemu dengan anak seusianya sampai orang dewasa. Dengan begitu, Si Kecil akan beradaptasi dan terbiasa dengan lingkungan baru. saya ikut reenang melihat para ibu dan bapak Lansia jalan kaki diatas air saya bertanya Katanya untuk obati osteoprosesis. Mereka jalan diatas air setinggi dada lalu maju mundur didalam kolam renang tak lihat aktifitas renang cuma hanya jalan maju mundur.

Renang adalah aktivitas yang tak hanya menyenangkan karena terapi airnya tetapi juga menyehatkan. Manfaat renang dapat membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung.Dengan berenang, bisa mendukung program diet para wanita. Dengan berenang pun ada banyak kalori yang terbakar akibat pergerakan otot otot. Dengan kata lain, semakin sering seorang wanita berenang, maka semakin cepat juga proses diet yang dilakukan

Manfaat Berenang bagi Tubuh dan Mental. Membangun Massa Otot. Menurunkan Berat Badan. Kesehatan Jantung dan Paru-paru. Mengendalikan Stres. Mengatasi Saraf Kejepit. Mengurangi Nyeri Sendi. Mengatasi Insomnia. Baik bagi Penderita Asma Renang merupakan jenis olahraga kardio, yang dapat membakar cukup banyak kalori. Alhasil, olahraga ini cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau ingin mempertahankan berat badan.

TEHNIK RENANG & GAYANYA
Usahakan pinggul, kepala, dan leher tetap rileks dan dalam posisi yang lurus dengan badan. Ayunkan satu lengan ke atas dan putar ke belakang kepala hingga kembali ke bawah air. Pastikan lengan selalu berdekatan dengan telinga saat memutar.

1. Gaya dada adalah teknik berenang yang melibatkan posisi tubuh sehingga dada menghadap ke permukaan air. Teknik ini juga dikenal sebagai “gaya katak” karena gerakan tubuhnya meniru gerakan katak yang sedang berenang.23 Aug 2023

2. Gaya kupu-kupu adalah gaya renang yang dilakukan dengan kedua lengan secara bersamaan mengayuh bergerak ke depan. Pada gerakan renang gaya kupu-kupu, kedua tangan membentang kemudian mengepak untuk mengayuh maju ke depan. Di samping itu gaya kupu-kupu merupakan salah satu dikaitkan sama seperti gaya dad

3. Renang Gaya Bebas adalah teknik berenang yang menggunakan kebebasan tangan dan kaki untuk melakukan gerakan agar badan kita dapat meluncur dengan cepat

4. Gaya punggung adalah berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh.

MANFAAT RENANG TERHADAP KESEHATAN & MENTAL
Selain meningkatkan metabolisme, renang diketahui dapat membantu memperbaiki masalah postur tubuh sekaligus melatih ketahanan otot.
1. Membangun Massa Otot
Aktivitas renang melibatkan hampir seluruh bagian tubuh dan memerlukan otot-otot untuk melawan tekanan air. Inilah sebabnya mengapa berenang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan pertumbuhan massa otot dalam tubuh.Manfaat renang yang pertama adalah membangun massa otot, hal ini karena dalam gerakan renang, hampir seluruh otot tubuh bergerak melawan tekanan air

2. Menurunkan Berat Badan
Menurut jurnal ilmiah berjudul Effects of 8-week swimming training on carotid arterial stiffness and hemodynamics in young overweight adults, yang dipublikasikan di jurnal BioMedical Engineering OnLine mengatakan bahwa, renang dapat menjadi latihan fisik yang efektif untuk obesitas.Berenang selama satu jam mampu membakar sekitar 400-700 kalori, tergantung pada intensitas renang yang dilakukan.manfaat berenang bagi tubuh adalah mengurangi jaringan lemak di perut sehingga dapat membantu mengecilkan perut.

3. Kesehatan Jantung dan Paru-paru
Jenis olahraga ini akan membantu melancarkan aliran oksigen dan darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Jantung yang terjaga kesehatannya bisa kamu dapatkan dari rutin berolahraga. Berenang membantu menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Olahraga ini meningkatkan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.Manfaat berenang selanjutnya adalah menjaga kesehatan paru-paru. Sebab, berenang melatih otot-otot yang terlibat dalam proses pernapasan. Artinya, berenang secara rutin dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan kualitas teknik pernapasan.

4. Mengendalikan Stres
Membiarkan tubuh mengalami stres berkepanjangan bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara terbaik mengurangi dan meredamnya. Berenang terbukti mampu memperbaiki suasana hati serta menurunkan risiko stres dan depresi. Selain itu, manfaat renang juga dapat memperlambat demensia hingga penurunan fungsi berpikir.

5. Mengatasi Saraf Kejepit
Salah satu manfaat berenang adalah untuk mengatasi saraf kejepit. Gerakan dalam renang dapat membuat tulang belakang dan otot-otot punggung lebih rileks.

6. Mengurangi Nyeri Sendi
Berenang juga memiliki manfaat lain yaitu mengurangi gejala nyeri pada pengidap radang sendi dan fibromyalgia.latihan fisik dalam air, termasuk berenang, telah terbukti membantu individu dgn masalah muskuloskeletal. Hal ini pada akhirnya meningkatkan kemampuan fisik dan kualitas hidup mereka.Renang termasuk olahraga yang dianjurkan bagi pengidap arthritis, karena olahraga ini dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi.Dalam penelitian lain juga ditemukan bahwa pengidap osteoporosis yang berenang dengan rutin mengalami penurunan nyeri sendi.

7. Mengatasi Insomnia
Kurang tidur juga memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Rutin berenang ternyata bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Informasi ini termuat dalam studi berjudul Aerobic exercise improves self-reported sleep and quality of life in older adults with insomnia, yang dipublikasikan di jurnal Sleep Medicine.Renang termasuk salah satu jenis olahraga tersebut dapat menjadikan tubuh lebih bugar dan membuat tidur lebih nyenyak, sehingga cocok untuk mengatasi insomnia.

8. Baik bagi Penderita Asma
manfaat berenang adalah meningkatkan kapasitas paru-paru dan melatih mengontrol pernapasan.olahraga ini sangat baik bila dilakukan secara rutin oleh penderita asma untuk melatih pernapasan. Berenang dalam lingkungan yang lembap dapat membantu mengurangi gejala asma. Udara lembap di sekitar kolam renang dapat membantu mengurangi iritasi pada saluran napas dan meningkatkan fungsi paru-paru.

9. Mingkatkan kualitas tidu
salah satu jenis dari olahraga aerobik, renang memberikan manfaat signifikan untuk tidur yang berkualitas. Seiring dengan pertambahan usia, orang bisa mengalami susah tidur. Aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

10. Membuat mood lebih baik
Olahraga air seperti renang dapat membuat mood lebih baik. Itulah sebabnya mengapa orang dengan gangguan psikologi seperti depresi, ataupun demensia direkomendasikan untuk melakukan olahraga ini.

11. Meningkatkan kekuatan otak
Dalam sebuah penelitian kecil di Physiological Reports, peserta yang melakukan renang intensitas sedang selama 20 menit dapat memproses informasi visual dan merespons lebih cepat pada tes kognitif setelah berenang.

12. Tulang lebih sehat dan kuat
Berenang dapat membantu mengurangi risiko ini dengan cara meningkatkan kepadatan mineral tulang lewat aktivitas renang setidaknya tiga jam per minggu. Itulah sebabnya, mengapa berenang bermanfaat untuk kesehatan Otot, Tulang, dan Sendi.

13. Meningkatkan konsentrasi dan fokus
Berenang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Kombinasi antara gerakan fisik, fokus pada pernapasan dan teknik renang dapat membantu melatih kemampuan kognitif.
Demikian sekilas inf9 manfaat renang terhadap kesehatan anda Apakah anda ikut olahraga renang? Terimakasih
RobertoNews 1833 《29.8.24(06.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait