Rumah Tempat Lahir Bung Karno Jalan Pandean IV/40 Surabaya Resmi Menjadi Aset Kota Surabaya

  • Whatsapp

Catatan: Yousri Nur Raja Agam MH *)


BERTEPATAN dengan peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020, rumah tempat lahir Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno, resmi menjadi aset Pemerintah Kota Surabaya. Rumah di Jalan Pandean IV/40 itu ditetapkan sebaga cagar budaya.


Bulan Juni adalah bulannya “Bung Karno”. Lebih se-abad yang lalu, Bung Karno lahir di Bumi Pertiwi, Nusantara, tepatnya tanggal 6 Juni 1901 di Kota Surabaya.
Kemudian di bulan Juni pula Bung Karno pergi ke alam baka, menemui sang Khaliq, yakni tanggal 21 Juni 1970.
Bung Karno, yang sudah tiada, tetapi semangat juangnya “masih hidup” di dalam jiwa dan sanubari Rakyat Indonesia.


Di bawah ini, saya punya catat tentang Bung Karno, tentang “lintas juang Bung Karno”.  Saya sajikan tulisan ini, sebagai cermin masa depan bagi kami dan anak cucu kami.
Memang, tak dapat dipungkiri, bagaimanapun juga, ternyata Bung Karno tetap abadi. Nama Presiden Republik Indonesia yang pertama, Dr.Ir.H.Soekarno, selalu dikenang. Betapapun gonjang-ganjingnya bumi ini akibat gempa politik, namun sejarah tak pernah bohong. Sehingga benar apa yang dikatakannya sendiri: “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tak melupakan jasa pahlawannya”.


Bung Karno adalah pahlawan. Dia adalah pejuang dan pembuat sejarah di negara yang kini sudah bebas merdeka. Terlepas dari belenggu penjajahan kolonial Belanda selama tiga setengah abad dan cengkeraman kekejaman balatentara Jepang selama tiga setengah tahun. Kita merdeka. Merdeka dari segala derita. Indonesia merdeka dan merdeka.
Bung Karno dan Bung Hatta atas nama Bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945, memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia, di Jakarta.
Itu semua, bukan hadiah, tetapi perjuangan. Perjuangan para pemuda dan anak bangsa dari seluruh pelosok Nusantara. Bukan sekejap, tetapi sejak berabad-abad lamanya. Proses demi proses, akhirnya sampailah kita di alam merdeka, membangun dan menuju keadilan, kemakmuran yang merata. Semua itu, cita-cita kita semua. Termasuk, keinginan, kehendak dan cita-citamu Bung Karno.


Kau pimpin kami, rakyatmu sejak merdeka hingga akhirnya kau tiada. Kau bawa bangsa ini ke alam nyata, di mata dunia. Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika berdasarkan Pancasila, melepasmu ke alam baqa.
Lahir di Surabaya
Raden Sukemi Sostrodihardjo, seorang bapak dari Kota Blitar, Jawa Timur adalah manusia yang penuh disiplin. Ia ningrat dari garis keturunan Raja Kadiri. Laki-laki ini mempersunting gadis Bali, Idayu Nyoman Rai “Srimben”. Srimben ini adalah panggilan waktu kecil Ida Ayu Nyoman Rai.
Wanita ini juga berdarah biru, keturunan raja di Singaraja Pulau Dewata. Dari perpaduan dua etnis, Jawa dan Bali ini, lahirlah seorang anak perempuan dan seorang anak laki-laki. Yang perempuan diberi nama Sukarmini dan adiknya  diberi nama: Kusno. Kusno lahir di Surabaya, Jawa Timur, tanggal 6 Juni 1901.


Pada akhir tahun 1899 Raden Sukemi pindah mengajar ke Surabaya. Ia mengajar di Sekolah Rendah (setingkat SD atau Sekolah Dasar) di Jalan Sulung Surabaya (Sekolah ini sekarang bernama SD Negeri Alun-alun Contong 1 Jalan Sulung Sekolahan). Raden Sukemi bersama isterinya, tinggal di kampung Pandean, kawasan Peneleh Surabaya. Tepatnya di Jalan Pandean IV/40 Surabaya. Kawasan ini, terletak di seberang sungai Kalimas, tidak jauh dari Sulung, tempat Sukemi mengajar.
Pada waktu itu, memang banyak masyarakat Bali yang bermukim di kawasan Peneleh. Konon pada masa lalu, dermaga Peneleh adalah tempat berlabuhnya kapal dan perahu layar dari Bali.


Memang, kawasan Peneleh sampai sekarang masih “terkesan” sebagai daerah persinggahan orang Bali. Di daerah ini banyak bermukim para perantau dari Bali. Di daerah ini pula hingga sekarang banyak berdiri hotel (di antaranya Hotel Bali dan Hotel Singaraja), penginapan dan travel untuk melayani masyarakat yang datang dari Bali. Bahkan, pasar buah di pinggir Kalimas di Jalan Peneleh menjadi pasar buah yang berasal dari Bali. Terutama salak dan jeruk Bali. Tetapi sejak awal 2010, pasar buah ini “digusur” karena mempersempit lalulintas di Jalan Peneleh, Awalnya dipindah ke Jalan Koblen, namun pedagang menolak, akhirnya disepakati pada tanggal 19 Juli 2010, pedagang bersedia pindah ke Jalan Tanjungsari.
Sewaktu tinggal di rumah kontrakan Jalan Pandean IV/40, Peneleh, Surabaya itu, Ida Nyoman Rai sedang mengandung anak keduanya. Nah, di saat sang surya menanjak naik dari ufuk timur Surabaya, tanggal 6 Juni 1901, seorang bayi laki-laki lahir ke bumi. Raden Sukemi memberi nama anak kedua dari isterinya itu, Kusno. Namun, hingga sekarang belum ada yang memberi kepastian apakah Kusno lahir dengan pertolongan bidan atau dukun bayi.

Jadi, Sukarno atau Soekarno, lahir di Kota Surabaya sebagaimana ditulis pada buku-buku dan Ensiklopedia lama. Bukan lahir di Blitar, seperti yang ditulis beberapa orang di masa Orde Baru.
Kusno yang masih bayi itu, kemudian dibawa pindah oleh Raden Sukemi bersama isterinya ke Blitar.  Karena Sukemi ditugaskan mengajar di Kota Blitar. Di Kota Blitar inilah Kusno kecil hidup bersama keluarga besar Raden Sukemi.


Gunung Kelud Meletus
Saat pindah ke Kota Blitar itu, suasana di Blitar masih mencekam. Sebagian penduduk masih mengungsi akibat meletusnya Gunung Kelud. Dari kawahnya masih mengalirkan lava. Lereng gunung ini dilanda banjir bandang . Galodo itu meleluluhlantakkan segala tanaman dan menghanyutkan lumpur kawah sampai ke Sungai Kali Brantas. Kabupaten dan Kota Blitar, serta Kabupaten dan Kota Kediri, bahkan sampai ke Trenggalek dan Tulungagung langitnya tertutup awan abu.
Nah, akibatnya, Kusno yang masih bayi itu terkena dampaknya. Ia sakit dan sering sakit-sakitan. Ayahnya, Raden Sukemi yang beragama Islam dan mempercayai budaya Jawa, mempunyai firasat, bahwa salah memberikan nama kepada anaknya. Nama Kusno yang diberikan kepada anak laki-lakinya ini dianggap tidak cocok. Mungkin juga salah.
Agar terhindar dari sakit akibat salah memberi nama, sesuai dengan tradisi Orang Jawa, maka nama Kusno diganti menjadi: Sukarno. Jadi mirip dengan mbakyunya, Sukarmini (lebih dikenal dengan panggilan Bu Wardoyo)..


Sukarno kecil kemudian menjadi besar. Disekolahkan, menjadi pandai dan cerdik. Ia berkembang terus menjadi dewasa. Setelah menjadi manusia dewasa yang cerdik-pandai, Sukarno mampu menggali ilmu dan menantang zaman. Ia menjadi pemimpin. Ia mampu memimpin dirinya menjadi manusia berakal dan berakhlak. Iapun dapat jatuh cinta. Sukarno kemudian  berkeluarga:  mempunyai isteri, kemudian punya anak dan ia menjadi bapak.
Kebesaran dirinya menjadikan ia bukan hanya bapak dari anak-anaknya, tetapi ia menjadi “Bapak Bangsa”. Ia menjadi pemimpin negara. Ia menjadi pemimpin bangsa. Bangsa kita Indonesia. Namanya berkibar dan terkenal. Ejaan yang U menjadi OE, mempengaruhi pula pada nama Sukarno. Akibatnya orang menulis namanya menjadi: Soekarno. Konon “Bung Karno sendiri lebih senang kalau namanya ditulis Sukarno”, bukan Soekarno.
Untung namanya berganti dari Kusno menjadi Sukarno. Mengapa? Sebab, di zaman perjuangan kemerdekaan tahun 1940-an, para pemuda saling menyapa dengan panggilan “bung”. Soekarno dipanggil Bung Karno. Mohammad Hatta, dipanggil Bung Hatta. Sutan Sahrir disapa sebagai Bung Sahrir. Pokoknya sesama pejuang yang muda-muda kala itu, kalau berjumpa selalu berteriak dengan tangan dikepalkan: Merdeka bung! Apa kabarnya Bung! Dan begitulah bung.


Enak dan tepat panggilan untuk Soekarno menjadi Bung Karno. Andaikan namanya tak diganti, tetap Kusno. Panggilannya tentu Bung Kusno. Bisa-bisa ada yang salah terima, dikira disuruh membungkus. Sebab, dalam Bahasa Jawa “bungkusno” itu artinya bungkuskan atau tolong dibungkus. Tetapi, kalau Bung Karno, salah-salah dengar bisa diarti “bongkarno” atau artinya bongkarlah. Nah, kalau ini tidak masalah. Artinya bagus. Begitu guyonan masa lalu tentang alihnama Bung Karno yang semula bernama Kusno menjadi Sukarno.
Adipati Ngawonggo, tokoh pewayangan yang dikenal sebagai kesatria yang berpegang teguh pada prinsip. Sampai seorang pujangga kenamaan, Mangkunegoro IV, melukiskan jiwa kesatria Ngawonggo agar menjadi teladan bagi kerabat Mangkunegaran. Ada bentuk tembang Dandanggula yang dirangkum dalam Tripama.
Nama asli Adipati Ngawonggo adalah Suryaputra dan juga dikenal dengan nama Basukarno putra Dewi Kunti. Waktu Dewi Kunti masih perawan, tetapi karena kesalahan menjalankan mantera pemberian Bathara Surya, hamillah dia. Betapa malunya anak raja hamil sebelum menikah. Harus dicarikan jalan ke luar. Tetapi, dewa selalu serba mungkin. Anak Kunti yang pertama tidak dilahirkan lewat rahim, namun melalui telinga. Maka dari itu, dinamakan Basu Karno. Ia kelak dikenal sebagai Adipati Karno yang berjiwa kesatria, pantang mundur dan berpegang pada prinsip.
Masyarakat Jawa masih dikuasai cerita-cerita pewayangan. Banyak yang hafal luar kepala cerita Mahabarata, Ramayana dan kisah-kisah carangan lainnya. Sebagai seorang priyayi, Raden Sukemi yang juga guru Sekolah Rendah (SD), sangat hafal cerita-cerita tentang kepahlawanan itu. Dia sangat terkesan dengan Adipati Karno. Itulah dasar yang akhirnya nama anaknya Kusno diubah menjadi Sukarno. Tentu harapannya, kelak anaknya akan memiliki jiwa kesatriat seperti Adipati karno. Disiplin kuat dan tidak mudah patah semangat.
Adipati Karno dalam pewayangan masih merupakan saudara Pandawa, Sama-sama anak Kunti, hanya dari ayah yang berbeda. Untuk melenyapkan aib kerajaan, begitu Basu Karno lahir, dibuang. Ditemukan oleh seorang kusir dan dibesarkan. Akhirnya ia diberi kedudukan oleh Kurawa. Waktu perang Barata Yudha, anatara Kurawa dengan Pandawa, maka Adipati karno memihak Kurawa, sebagai balas budi karena Kurawa yang mengakat derajatnya, meskipun ia tahu pihk Kurawa salah.


Pada perang Barata Yudha itu Adipati karno gugur di medan laga. Dengan gugurnya Adipati karno, Kurawa juga tertumpas. Pandawa kembali mendapatkan haknya untuk menduduki tahta di Kerajaan Astina.
Dari alur cerita pewayangan itu, apakah harapan raden Sukemi kemudian terwujud? Apakah ada kesamaan antara Adipati Karno dengan Bung Karno? Hanya ahli sejarah yang bisa menjawabnya.Demikian sekilas tentang Bung Karno yang lahir di Kota Surabaya. *) Yousri Nur Raja Agam Tim Pelacak tempat Kelahiran Bung Karno bersama Peter A.Rohi dari Sukarno Institut.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait