Saring Aspirasi, Pemerintah Harus Manfaatkan Medsos

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Pemerintah harus memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai sarana menyaring aspirasi masyarakat secara cepat dan real time.

Saat ini, medsos bisa digunakan sebagaisarana komunikasi dengan masyarakat.

Demikian disampaikan Wagub Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf saat Ngopi, Ngobrol Ngopdar bareng Gus Ipul dan Netizen di Empire Palace, Surabaya, Minggu(21/5).Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim menjelaskan, pemerintah harus memanfaatkan medsos agar bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

Banyak informasi di dalam medsos yang bisa didengar oleh pemerintah seperti keluhan dan masukan dari masyarakat bersifat membangun.

“Medsos memberikan kesempatan bagi pemerintah agar lebih cepat merespon semua keluhan masyarakat,” jelasnya.

Kecepatan menjadi kata kunci dalam pelayanan. Apabila pemerintah ingin berhasil dalam programnya, harus memberikan pelayanan yang cepat salah satunya melalui medsos.Kecepatan dalam memberikan informasi kepada masyarakat menjadi motivasi bagipemerintah.

Pemerintah harus belajar untuk menyesuaikan dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini.”Khususnya dunia medsos. Pemerintah juga harus memilah dan memilih mana konten yang memberikan dampak positif bagi pelayanan kepasa masyarakat,”ungkapnya.Gus Ipul menambahkan, maraknya citizen reporter memberikan informasi terkiniyang sesuai dengan fakta.

Selanjutnya bisa menjadi masukan bagi pengambil keputusan dalam melakukan tindakan. “Citizen reporter mengajak masyarakat berpartisipasi dalam memberikan informasi,” ucapnya Selama ini, berbagai keluhan masyarakat sudah disampaikan kepada pemerintah melalui citizen reporter seperti keluhan jalan rusak, jembatan rusak, olahraga dan wisata halitu menunjukkan angka partisipasi masyarakat yang disampaikan melalui internet cukup tinggi “Oleh sebab itu,pemerintah harus memberikan perhatian khusus untuk medsos,”tambahnya (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *