Satgas Tindak Maksimalkan Patroli Dialogis Jelang Pilkada

  • Whatsapp

Kupang —Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada Serentak 2024, khususnya pada proses penelitian berkas pasangan calon kepala daerah, personel Satgas Tindak Ops Mantap Praja Polda NTT melakukan patroli dialogis di sejumlah tempat di wilayah Kota Kupang, Rabu (4/9/2024). Patroli ini dilakukan untuk memastikan situasi tetap kondusif selama berlangsungnya tahapan krusial tersebut.

Personel Satgas Tindak Ops Mantap Praja tak hanya memantau aktivitas masyarakat di sekitar pusat-pusat keramaian, namun juga menyambangi kantor-kantor penyelenggara pemilu, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTT. Kehadiran personel di tempat-tempat strategis ini diharapkan dapat menambah rasa aman dan memberikan dukungan langsung kepada para penyelenggara pemilu.

Kasubsatgas Pengendalian Huru-Hara (PHH), AKP. Macelino Parera, yang memimpin langsung patroli ini, menekankan pentingnya patroli dialogis untuk menjaga stabilitas selama Pilkada.

“Patroli dialogis kami fokuskan untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan di sekitar wilayah penyelenggaraan Pilkada. Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu guna memastikan proses tahapan Pilkada, khususnya penelitian berkas, berjalan lancar tanpa hambatan,” ujar AKP Macelino Parera.

Macelino juga menyampaikan, personelnya selalu mengedepankan pendekatan humanis selama patroli, berinteraksi langsung dengan masyarakat dan memberikan imbauan untuk menjaga situasi aman dan tertib. Ia juga berharap agar seluruh elemen masyarakat bisa berperan aktif dalam mendukung keamanan selama tahapan Pilkada berlangsung.

“Kami mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan tidak mudah terprovokasi. Mari kita sukseskan Pilkada Serentak 2024 dengan menciptakan suasana yang damai dan kondusif,” tambahnya.

Dengan patroli dialogis yang semakin digencarkan, Satgas Tindak Ops Mantap Praja berharap dapat meminimalkan potensi gangguan keamanan dan memastikan tahapan Pilkada Serentak 2024 di Kota Kupang berjalan dengan baik dan lancar. (*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait