Sedok Lemak (LAMS),Bahayakah ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Dalam minggu ini kita dihebohkan oleh berita bahwa seorang wanita asal Medan meninggal dunia gara gara disedot lemak di sebuah salon kecantekan di kawasan Depot dan sedang diusut oleh Polisi dan sedang trend terdengar dimana mana.

Dewasa ini, metode sendot lemak gencar kita dengar dimana mana,seperti Bu Tini yang gemuk 103kg setelah sendok lemak tinggal 78 kg ,badan kelihatan kurus dan kelihatan lebih segar.Saya ditanya oleh seorang ibu yang Bb 91kg ,apakah dia boleh sedot lemak karena kegemukan sejak nikah 58 kg bertambah anak bertambah gemuk, Apakah sedot lemak ini bahaya ? Terkenang berita seorang pria gemuk dari Surabya telah mengalami sedok minyak dari BB 120Kg tinggal 82 kg badan kelihatan agak kurus dan semua baju dan celana longgar.Sedot minyak harus ditangani ahli bedah bukan tukang salon Sedot lemak adalah prosedur bedah yang dilakukan oleh dermatologis dan ahli bedah plastik untuk menyingkirkan lemak dari area tubuh tertentu. Prosedur ini dilakukan untuk tujuan kecantikan dan bukan untuk pengurangan berat badan atau alasan kesehatan lainnya.Meski dapat menghilangkan lemak, operasi ini bukan bentuk pengobatan atau cara mengatasi obesitas. Pasalnya, orang yang dapat menjalani liposuction harus 30% lebih berat dari berat badan ideal tubuh mereka.

Untuk membentuk lemak yang bagus langsing dan indah pada postur tubuh dikenal sedot Lemak Sedot lemak adalah prosedur pembedahan yang menggunakan teknik penyedotan untuk menghilangkan lemak dari area tubuh tertentu seperti perut, pinggul, paha, bokong, lengan, atau leher. Dikenal juga dengan liposuction, Kritiria sedot lemak adalah
1. BB yang berlebih, namun belum tergolong obesitas
2. Memiliki kulit kencang dan elastis
3. Lemak sulit dihilangkan meski sudah berolahraga
4. Tidak memiliki gangguan pembekuan darah
5. Tidak memiliki kebiasaan merokok
6. Tidak memiliki penyakit sistemik seperti penyakit jantung, kencing manis, atau
gangguan imunitas

TUJUAN SEDOT LEMAK:
1. Menghilangkan tumpukan lemak yang tidak bisa hilang dengan diet dan olahraga
2. Mengurangi penumpukan lemak di paha bagian dalam sehingga mempermudah penis memasuki vagina
3. Menghilangkan lemak di dagu (double chin) atau alasan kosmetik lainnya

Prosedur sedot lemak juga dapat digunakan untuk menangani beberapa kondisi berikut:
Sedot lemak adalah jenis prosedur pengangkatan lemak yang digunakan dalam operasi plastik. Bukti tidak mendukung efek pada berat badan lebih dari beberapa bulan dan tampaknya tidak memengaruhi masalah terkait obesitas.

Di Amerika Serikat, sedot lemak adalah operasi kosmetik yang paling umum. Tindakan sedot lemak dilakukan pada bagian tubuh seperti paha, perut, pantat, leher, dagu, lengan atas, lengan belakang, betis, dan punggung. Prosedur ini tidak menghilangkan selulit, lesung pipit, atau stretch mark. Tujuannya adalah lebih untuk estetika, cocok untuk mereka yang ingin mengubah dan mempercantik kontur tubuhnya.

MANFAAT SEDOT LEMAK:
1. Untuk tujuan kosmetik
2. Lymphedema
3. Ginekomastia
4. Sindrom lipodistrofi
5. Lipoma

EFEK SAMPING SEDOT LEMAK :
1. Memar parah
2. Peradangan
3. Tromboflebitis
4. Penyimpangan kontur
5. Mati rasa
6. Infeksi

SYARAT SEDOT LEMAK ADALAH:
1. Memiliki berat badan kurang lebih 30% di atas berat badan ideal.
2. Memiliki kulit yang kencang dan elastis,
3. tidak merokok, dan tidak menderita penyakit berbahaya

KONDISI WAJIB SEDOT MINYAK :
1. Axillary bromhidrosis, yaitu bau badan yang timbul akibat interaksi antara kelenjar keringat dengan bakteri di ketiak
2. Axillary hyperhidrosis, yaitu keringat yang keluar secara berlebihan dari ketiak
3. Lipoma, yaitu benjolan lemak yang tumbuh di bawah kulit
4. Penyakit Madelung, yaitu kelainan yang ditandai dengan tumpukan lemak simetris di kedua sisi tubuh bagian atas, leher, lengan, dan tungkai akibat kelainan genetik
5. Pseudogynecomastia, yaitu pembesaran payudara pada laki-laki yang disebabkan oleh penumpukan lemak, bukan karena kelenjar payudaranya yang membesar

JENIS SEDOT LEMAK:
Sedot lemak dilakukan dengan menggunakan selang tipis yang tersambung ke alat pengisap. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan dalam prosedur sedot lemak, yaitu:

1. Super-wet technique
Teknik ini mirip dengan tumescent liposuction. Bedanya, larutan tumescent yang disuntikkan akan disesuaikan dengan jumlah lemak yang akan disedot. Teknik ini lebih cepat, tetapi memerlukan pemberian obat bius atau anestesi umum.

2. Power-assisted liposuction
Teknik ini menggunakan selang khusus yang berfungsi menghancurkan lemak dengan getaran cepat. Keuntungan teknik ini adalah sayatan yang dibuat cukup kecil dan tidak merusak jaringan di sekitarnya.

3. Tumescent liposuction
Teknik ini dilakukan dengan menyuntikkan larutan tumescent ke lemak tubuh yang akan disedot. Larutan tumescent merupakan campuran dari larutan saline (air garam), epinephrine, dan lidocaine. Larutan ini berfungsi memudahkan penyedotan lemak, serta mengurangi nyeri dan perdarahan.

4. Ultrasound-assisted liposuction(UAL)
Teknik ini menggunakan energi gelombang suara intensitas tingggi untuk memecah timbunan lemak. Setelah mencair, lemak akan disedot keluar.

5. Laser-assisted liposuction(LAL)
Teknik ini menggunakan sinar laser untuk mencairkan lemak. Dengan begitu, lemak akan lebih mudah disedot.

KONTRAINDIKASI
1. Sedang mengonsumsi obat antikoagulan,
2. Gangguan irama jantung (atrial fibrilasi), deep vein thrombosis, emboli paru, pasien yang pernah melakukan penggantian katup jantung
3. Menderita penyakit jantung koroner, diabetes, kanker, penyakit liver, gangguan aliran darah, gangguan pembekuan darah, gangguan sistem kekebalan tubuh, atau multiple sclerosis
4. Menggunakan alat pacu jantung
Demikian sekilas info wajib diketahui tentang sedot lemak semoga bermanfaat.
RobertoNews 1819 《28.7.24(12.00)》
• Praktisi Dokter dan Penukis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait