Sekdakab Pimpin Rapat DESK Pilkada 2024, Ini Harapan Bakesbangpol

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Desk Pilkada Kabupaten Tulungagung Drs. Tri Hariadi M.Si., pimpin Rapat Koordinasi Desk Pilkada Kabupaten Tulungagung, di Ruang Rapat Prajamukti Pemkab Tulungagung.

Dalam rapat Desk Pilkada 2024, Sekdakab menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran seluruh peserta rapat dalam rangka persiapan Desk Pilkada Kabupaten Tulungagung Tahun 2024.

Dengan koordinasi, komunikasi dan sinergitas yang baik antar lini dan pihak-pihak terkait, Pilkada serentak 2024 dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun.

“Kami ucapkan terimakasih atas kerjasama dan sinergitas yang baik antara unsur pemerintah daerah, unsur forkopimda, kejaksaan, Kodim, BPKAD, Kominfo, Satpol PP, Disdukcapil ,unsur penyelenggara pilkada, TNI /Polri dan masyarakat, kami yakin Pilkada 2024 di Kabupaten Tulungagung dapat berjalan aman, lancar, sukses tanpa eksis,” ucapnya.

Lanjut Sekda mengatakan, dasar pelaksanaan Pilkada 2024 yaitu, Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang.

“Pilkada serentak akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024, untuk itu perlu dibentuk DESK Pilkada yang didasarkan pada Permendagri Nomor 9 Tahun 2005 tentang Pedoman Bagi Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,” kata Tri Hariadi.

“DESK Pilkada ini, nantinya bertugas melaksanakan pemantauan Pilkada, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan Pilkada, memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan Pilkada, serta melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan,” tutupnya.

Sementara itu, Asisten 1 sekaligus Plt Kepala Bakesbangpol Tulungagung Agus Prijanto Utomo, S.E Menyampaikan, dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tulungagung Tahun 2024, pihaknya selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait.

“Bakesbangpol selalu komunikasi dan monitoring sebelum Pilkada maupun sesudah Pilkada. harapannya dapat terus mengevaluasi Pilkada yang berjalan dengan kondusif dan aman,” ujar Agus.

Agus berpesan, bagi para pemilih pemula agar memberikan suaranya di Pilkada 2024 ini, jangan golput, pilih sesuai hati nurani.

“Bagi para pemilih pemula, silahkan datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya, jangan golput, karena 5 menit di TPS akan menentukan masa depan Kabupaten Tulungagung untuk 5 tahun kedepan,” pesan Plt Bakesbangpol.

Ia menjelaskan, partisipasi masyarakat pada Pilkada Serentak bisa sama seperti pada saat Pilpres dan Pileg pada Bulan Februari 2024, bahkan akan lebih baik jika bisa lebih dari 82% masyarakat menggunakan Hak Pilihnya.

“Dengan begitu masyarakat dapat berperan aktif agar mendukung Pilkada Kabupaten Tulungagung di 2024 berjalan dengan baik dan sukses,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait