Sekkab Halbar Pimpin Upacara Peringati Hari Pahlawan ke- 72 Tahun

  • Whatsapp

JAILOLO, beritaLima.com — Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Barat Drs. M. Syahril Abd Radjak, M.Si memimpin Upacara memperingati Hari Pahlawan ke-72 tahun, tepat pada 10 Nopember 2017. Berlangaung di halaman Kantor Bupati Kabupaten Halmahera Barat, Jum’at (10/11/17). 

Upacara tersebut, diikuti ratusan peserta terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, ASN, Ormas, OKP dan Pelajar se-Halmahera Barat.

Pada kesempatan itu, Sekkab membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa. Amanat tersebut berisi, setiap tanggal 10 november bangsa indonesia memperingati hari pahlawan merupakan agenda nasional, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945.

Sekkab juga mengatakan, dengan momentum Peringatan Hari pahlawan, masyarakat dan generasi muda diharapkan dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya. Salah satu contohnya dengan menekankan nilai-nilai luhur yang diwariskan para pahlawan kepada generasi penerus. Perayaan hari pahlawan kali ini, mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

“Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat indonesia,” kata Syahril.

Lebih lanjut Syahril menambahkan, melalui peringatan hari pahlawan ini, sebagai bangsa yang besar kita harus bisa menghargai jasa para pahlawanya. “Pada peringatan Hari Pahlawan ini kita diharapkan lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan, serta meningkatkan cinta tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,”ujar Syahril.

Lanjut Sekkab, saat ini adalah saatnya bangsa Indonesia menuntaskan perjuangan para pahlawan untuk membangun bangsa dengan sikap mental positif dan konstruktif. Agar Indonesia menjadi bangsa yang merdeka,maju, berdaulat dan terbuka. “Hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat dan terbuka kita menyelami tantangan dan persoalan yang kita hadapi bersama dengan semangat persatuan di dalam kesetaraan seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi,”tutur Sekkab Syahril.

Upacara yang dimulai sekitar pukul 07.30 WIT. Upacara yang ditandai dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Teks Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Selain itu, juga dilakukan acara mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan, serta pembacaan ikrar atau pesan – pesan pahlawan oleh anggota Organisasi Kepemudaan (OKP). Yaitu, Sunarto dari FKPPI Halbar tentang Bung Karno, sedangkan Mustafa Amarullah, SH dari Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Halbar tentang Bung Tomo,  sedangkan Ilham Talib dari KNPI Halbar tentang Jenderal Sudirman, dan Norman Katemung dari organisasi GMNI Halbar tentang Patimura.

Upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan ini. Selain Sekkab, juga dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pejabat eselon III dan IV, serta Pimpinan Instansi vertikal di lingkup Pemkab Halmahera Barat, serta para Ketua Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan se Kabupatn Halmahera Barat.

Usai menggelar upacara Peringatan Hari Pahlawan, rombongan kemudian melakukan upacara Ziarah ke makam Pahlawan Banau di Desa Gufasa Kecamatan Jailolo. (Ssd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *