Selain Khofifah-Emil, KPUD Jatim Menunggu Paslon PDI-P dan PKB

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Pendaftaran Cagub dan Cawagub di hari kedua, KPUD Jatim hanya menerima rombongan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak.

Setelah itu, kantor KPUD Jatim kembali sepi. Menurut keterangan ketua KPUD Jatim Aang Khunaifi, seperti yang direncanakan memang di hari kedua ini hanya Khofifah-Emil yang melakukan pendaftaran di Pilkada serentak 2024.

“Hari kedua masa pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, hari ini akan langsung disampaikan progress resmi dari ketua KPU Jatim, berikut ketua bidang teknis Pak Umang, nanti akan dipaparkan, termasuk progres untuk pendaftaran Pilgub dan Pilbupwalkot di 38 kabupaten kota di provinsi Jawa Timur,” terang Nur Salam, anggota KPUD Jatim.

“Alhamdulillah pada kesempatan di hari kedua ini kami melaksanakan tahapan penerimaan pendaftaran, tepat pukul 09.15 gabungan 14 partai politik mengusulkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Jawa Timur atas nama Hajah Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak. Setelah dilakukan pemeriksaan atas perlengkapan dokumen persyaratan yang wajib dilengkapi dalam proses pendaftaran, juga kami dilakukan verifikasi oleh tim verifikasi, dan dokumen tersebut dinyatakan lengkap dan dapat kami terima. Cagub dan Cawagub Khofifah-Emil dinyatakan resmi sebagai peserta Pilgub Jatim,” ulas Choirul Umam.

Di Jawa Timur ada 1.486.299 suara, gabungan partai politik, jika diakumulasi perolehan suara sahnya dari 14 partai tersebut adalah 15.434.217 atau setara dengan presentasenya 63% suara sah. Sisanya sebesar 37% atau sebanyak 8.431.920 yang terbagi di 4 partai politik peserta pemilu tahun 2024 dan diproses hari ini.

“Di hari ini juga ada dua partai politik yang mengajukan permohonan pengambilan pengubah pembukaan akun silon untuk pendaftaran, yaitu dari partai PDI-P dan PKB. Untuk sementara mungkin itu yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan hal ini. Besok pendaftaran di hari terakhir akan kami buka di jam yang sama, namun untuk penutupan kami selesai sampai jam 23 Di menit ke-59,” tukasnya .

KPUD Jatim menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama semua pihak, dari hari pertama juga di hari kedua ini yang luar biasa.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan support penuh terhadap pelaksanaan yang dilakukan oleh KPU Provinsi Jawa Timur, terima kasih. Terutama untuk teman-teman media yang masih setia menunggu rilis kami. Jadi perlu kami sampaikan, selain kita menerima pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur yang tadi sudah kawan-kawan sekalian ketahui didukung oleh 14 partai politik, kita bisa menghimpun progres dari kabupaten kota,” sambungnya.

Progres pendaftaran pasangan calon, baik Bupati maupun Walikota di 38 kabupaten kota, Alhamdulillah hari ini ada 20 partai politik maupun gabungan partai politiknya, mengusulkan calon Bupati maupun Walikota.

Dari 20 kabupaten kota itu tersebar, ada yang 1 Paslon, ada yang 2, bahkan ada yang 3 Paslon. Sehingga total kurang lebih sekitar 34 pasangan calon yang hari ini mendaftar di kabupaten kota.

“Kita masih memiliki satu hari untuk menerima pendaftaran. Besok dari jam 08 pagi sampai jam 23.59 masih menyisakan partai politik yang belum mendaftar, yaitu PDI-P dan PKB. Namun jika sampai besok kedua Parpol tersebut belum mendaftar,
KPUD Jatim memberikan perpanjangan masa pendaftaran selama 3 hari ke depan,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait