Semarak Festival Rakyat di Siwalankerto, Libatkan Mahasiswa PCU

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Petra Christian University (PCU) menggelar Festival Rakyat di halaman Kelurahan Siwalankerto, Surabaya. Sebanyak 15 UMKM yang notabene adalah warga kelurahan Siwalankerto difasilitasi oleh PCU untuk membuka lapak secara gratis.

Bukan hanya itu saja, bahkan PCU menerjunkan sebanyak 44 mahasiswanya untuk membantu dan memberikan pendampingan pada UMKM yang mengikuti Festival Rakyat tersebut.

Setiap UMKM diberi 3 mahasiswa yang juga cukup kreatif dalam memasarkan dagangan pelaku UMKM ini. Anak-anak muda tersebut gencar berjibaku terjun langsung dengan melibatkan diri dalam kesibukan pelaku UMKM yang sedang melayani para pembeli.

PCU sendiri menggelar Festival Rakyat tersebut bekerjasama dengan Nutrisari DonDong. Acara ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa School of Business and Management atau SBM PCU.
Sabtu (3/8/2024).

Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Trixie Nova Bella Tandijaya, S.M., M.M., selaku Ketua Panitia Festival Rakyat ini.

Deretan lapak UMKM dengan produk berupa makanan, fashion, dan kerajinan tangan terlihat ikut memeriahkan Festival Rakyat ini.

Festival tersebut bukan hanya menjadi ajang promosi produk-produk lokal, namun juga menampilkan berbagai kegiatan menarik, seperti tes kesehatan gratis, senam aerobik, dan lomba makan besar yang diikuti oleh 100 orang.

Sebelum mengikuti bazar di Festival Rakyat ini, para dosen dan mahasiswa PCU telah melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM.

“Mereka diajari tentang strategic costing dan cara memilih teknik branding serta marketing sesuai bisnis yang dijalankan,” terang Trixie.

“Ini merupakan hasil kolaborasi tiga program yakni Finance and Investment, Tax Accounting, dan Hotel Management. Total ada sembilan dosen dari ketiga program yang terlibat, dan 44 mahasiswa PCU yang ikut membimbing UMKM. Ada tiga mahasiswa yang ditugaskan untuk mendampingi satu UMKM,” sambungnya.

Ia juga menyebut bahwa selama bazar berlangsung, para mahasiswa akan membantu UMKM dalam hal penyajian, pelayanan, promosi, dan pencatatan keuangan. Seluruh keuntungan yang diperoleh adalah milik UMKM sepenuhnya.

“Abdimas ini diharapkan dapat memberi dampak keberlanjutan ke lingkungan sosial, khususnya masyarakat di Siwalankerto. Event Festival Rakyat bersama Nutrisari DonDong ini menjadi wadah bagi UMKM untuk bisa lebih mengeksplorasi potensi-potensi yang dimiliki,” lanjutnya.

Selain bazar UMKM, acara juga dimeriahkan dengan Lomba Kreasi Minuman Nutrisari DonDong.

Edric Ferdian selaku Koordinator Sie Acara menjelaskan bahwa momen ini merupakan launching produk baru Nutrisari rasa DonDong.

“Para ibu-ibu PKK Kelurahan Siwalankerto diajak untuk membuat kreasi minuman dengan produk Nutrisari DonDong,” sahutnya.

Sekilas tentang Petra Christian University (PCU), sebuah universitas swasta yang berdiri sejak tahun 1961 bertempat di Surabaya, Indonesia. PCU memiliki fakultas-fakultas yang terkemuka di bidang pendidikan, teknologi, konstruksi, bisnis, industri kreatif, dan kedokteran.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait