Senang Makan yang Seimbang

  • Whatsapp
Sumber foto: Pinterest

beritalima.com | Mempunyai tubuh yang ideal merupakan keinginan bagi semua orang. Bukan hanya mendapat bonus sehat, makanan seimbang juga membentuk tubuh ideal yang pasti bikin penampilan semakin kece.

Kita tidak bisa selalu mendengarkan komentar orang-orang dibumi. Kenyataannya, memang itulah yang harus sudah kita terima. Kita hanya mempunyai dua tangan, tidak bisa menutupi ribuan mulut diluar sana. Cukup menutup kedua telinga, dan terus jalani kehidupan dengan pola hidup yang sehat pastinya.

Rasanya, tetap bugar dengan menerapkan pola hidup sehat merupakan impian semua orang, terutama yang doyan makan. Tidak heran, banyak yang akhirnya diet ekstrem plus pergi ke tempat gym tiap hari untuk menjaga berat badan. Tetapi pada kenyataannya, tidak banyak pula yang jatuh sakit karena pola makan yang kurang benar.

Lagi-lagi, sebenarnya kunci hidup sehat dan bugar adalah lewat makanan yang kita konsumsi. Kita harus benar-benar menjaga diri dari makanan yang tidak sehat. Sebaiknya tak terlalu mengonsumsi kalori atau gula berlebih. Yang berlebih tidak baik, yang kurang pun juga tidak baik. Cukup yang sedang, yang seimbang.

Menu makan seimbang adalah menu yang terdiri dari beranekaragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai, sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan.
Tidak ada satu jenis makanan yang mengandung semua zat gizi secara lengkap. Untuk bisa hidup sehat dan produktif, kita harus mengonsumsi beranekaragam makanan sehingga beranekaragam makanan itu bisa saling melengkapi & menjadi zat gizi secara lengkap.
Pola makan masyarakat belum sesuai pesan gizi seimbang. Proporsi penduduk selama 10 tahun kurang konsumsi sayur dan buah di Indonesia mencapai 93,6%.

Makanan yang sebagai salah satu faktor penentu kesehatan kita. Semakin bergizi makanan yang kita makan, semakin rendah resiko kita terkena suatu penyakit.
Asupan gizi seimbang dalam makanan yang kita makan setiap harinya, menjadikan salah satu faktor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Sekadar memenuhi rasa lapar, tidaklah cukup. Saat mengonsumsi makanan, gizi seimbang haruslah diperhatikan.

Untuk memperoleh gizi seimbang, diperlukan konsumsi dari berbagai kelompok makanan yang berbeda. Makanan tersebut idealnya terdiri beragam jenis nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin.

Dengan kecanggihan teknologi, sudah banyak informasi yang bisa didapatkan melalui internet tentang bagaimana cara mengolah makanan yang enak serta memenuhi gizi yang seimbang. Makan senang dengan gizi yang seimbang.

Jadi, tunggu apa lagi? Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang juga memberikan energi yang positif bagi tubuh kamu.

(Irania Zulia/PNJ)

Pos terkait