Sewa Alphard di IKN Tembus Rp 25 Juta/Hari, Mensesneg Buka Suara

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com-
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno angkat bicara mengenai kabar biaya sewa mobil Alphard di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang disebut tembus Rp 25 juta per hari jelang HUT RI.

Pratikno mulanya menjelaskan, infrastruktur dan jalan ke IKN masih terbatas.

“Jadi untuk upacara ini kan kapasitas IKN, infrastruktur di IKN sendiri sangat terbatas dan juga jalur transportasi dari Balikpapan ke IKN terbatas. Tol belum sepenuhnya jadi, bandara di IKN belum jadi, ini tol dan bandara ini diperkirakan jadi di akhir Agustus, awal September. Jadi untuk pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi di IKN kita masih menghadapi kendala itu sama prasarana transportasi,” katanya di Kemensesneg, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Dia mengatakan, tantangan yang dihadapi bukan hanya jumlah mobil tapi infrastruktur yang terbatas. Oleh karena itu, pemerintah akan memanfaatkan bus untuk fasilitas transportasi.

“Oleh karena itu tantangannya bukan hanya jumlah mobil, tantangannya yang paling berat adalah fasilitas yang belum memadai. Karena terbatas makanya kita menggunakan bus itu. Jadi kita akan memfasilitasi transportasi berupa bus untuk menuju tempat upacara,” katanya.

Terkait dengan harga sewa mobil yang tembus Rp 25 juta, Pratikno menyebut jika itu merupakan pasar lokal. Dia bilang, pemerintah akan menggunakan bus.

“Oh iya itu kan lokal, pasar lokal, bukan kita. Dan kita besok nggak akan menggunakan itu kan. Kita akan menggunakan bus,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait