Siaga Kelistrikan 2 Event Internasional di Surabaya

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Jelang gelaran The 2024 Asean U-19 Boys Championship (AFF U-19) dan The 2024 Asian Mens U-20 Volley Championship (AVC U-20), Selasa (16/07/2024) PT PLN (Persero) Grup Jawa Timur selenggarakan apel siaga kelistrikan.

Apel siaga kelistrikan ini diikuti 210 personel dari PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, PLN Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBM), PLN Icon Plus dan PLN Haleyora Power.

General Manager PLN UIT JBM Amiruddin selaku Pembina Apel mengatakan, kolaborasi PLN Grup ini untuk memastikan kesiapan sistem kelistrikan dari sisi transmisi, distribusi hingga keandalan jaringan komunikasi.

“Siaga kelistrikan penyelenggaraan 2 event tersebut, PLN berlakukan masa siaga mulai 14 Juli sampai 1 Agustus 2024. Personel dari UID Jawa Timur yang kita siagakan sebanyak 97 orang dan personil dari UIT JBM sebanyak 106 orang, dilengkapi dengan kesiapan berbagai peralatan kerja dan pendukung,” papar Amiruddin.

Seluruh personel yang bersiaga selalu menekankan pentingnya keselamatan kerja, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan selalu mematuhi SOP pekerjaan serta menghindari ‘unsafe condition’.

General Manager PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo mengatakan, PLN telah melakukan upaya-upaya persiapan menyambut AFF U-19 dan AVC U-20.

“AFF U-19 adalah event yang menjadi pusat perhatian nasional dan internasional, maka kehadiran PLN untuk memberikan layanan kelistrikan dan keandalan terbaik,” kata Agus.

“Sebelumnya PLN telah melakukan kegiatan assessment, pemeliharaan preventif dan koordinasi dengan stakeholder seperti Pemerintah Kota Surabaya dan panitia penyelenggara untuk kesiapan di setiap titik lokasi,” tambahnya.

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik di venue gelaran tersebut, skema pengamanan kelistrikan yang diterapkan PLN terdiri tiga lapis. Untuk gelaran AFF U-19, PLN mengamankan 3 venue.

Venue pertama, stadion utama di Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Gelora 10 November. Venue kedua, lapangan latihan di Lapangan Thor dan Lapangan A,B,C Gelora Bung Tomo. Dan venue ketiga merupakan venue pendukung seperti Bandara Juanda, hotel peserta, official dan pejabat negara.

“Sementara untuk gelaran AVC U-20, pertandingan akan berlangsung mulai 23 Juli hingga 30 Juli 2024, PLN mengamankan DBL Arena dan GOR Pancasila Surabaya dengan skema pengamanan kelistrikan lapis tiga juga,” imbuh Agus.

PLN juga menyiagakan Mini Scada Mobile yang ditempatkan di Gate 19 Stadion GBT sebagai pusat monitoring suplai kelistrikan dari Gardu Induk sampai ke titik instalasi yang menjadi titik kritikal untuk dilakukan pemantauan saat pertandingan 2 event berlangsung. (Gan)

Teks Foto: Siaga Kelistrikan 2 Event Internasional di Surabaya, mulai 14 Juli sampai 1 Agustus 2024 mendatang.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait