Siapkan Konsep untuk Menarik Investor, Fawait Siap jadi Bupati Jember

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Bakal Calon Bupati (Bacabup) Jember Muhammad Fawait
menyoroti naiknya angka pengangguran di Kabupaten Jember dalam dua tahun terakhir (2022-2023).

Pasalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengangguran di Jember tahun 2022 sebanyak 55.460 orang dan tahun 2023 meningkat menjadi 59.716 orang.

Kenaikan angka pengangguran di Kabupaten Jember juga berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah angkatan kerja. BPS mencatat jumlah angkatan kerja tahun 2022 sebanyak 1.360.361 orang, naik menjadi 1.488.628 orang pada tahun 2023.

“Kenaikan angka pengangguran itu juga berdampak pada angka kemiskinan di Kabupaten Jember dari tahun ke tahun, khususnya tahun 2022 dan 2023 mengalami kenaikan. Ini juga menjadi PR calon kepala daerah Jember mendatang,” ujar Gus Fawait, panggilan akrab Muhammad Fawait.

Di antara penyebab kenaikan angka kemiskinan dan angka pengangguran itu bisa dilihat dari minimnya investasi di sektor riil yang masuk ke Kabupaten Jember dari tahun ke tahun kian kecil. Padahal investasi di sektor riil itu akan membuka lapangan pekerjaan.

“Ketika ada investor masuk ke Jember, senang masuk ke Jember. Dia berinvestasi di Jember, maka otomatis lapangan pekerjaan akan terbuka dan angkatan kerja akan bisa bekerja sehingga pendapatan akan naik dan kemiskinan akan turun. Itu khan teorinya,” ungkap anggota Komisi C DPRD Jatim tersebut.

Sebaliknya, jika investasi di Kabupaten Jember faktanya dari tahun ke tahun semakin kecil, maka lapangan kerja juga semakin tidak terbuka karena sedikit, sehingga angkatan kerja tidak bisa terserap alias nganggur. Akibatnya, angka pengangguran juga menjadi naik dan pendapatan yang tidak naik otomatis menjadikan angka kemiskinan juga ikut naik.

“Perkembangan ekonomi Kabupaten Jember sekarang ini kian memprihatinkan karena kemiskinan naik dan pengangguran juga naik. Otomatis masyarakat juga semakin tidak sejahtera,” jelas ketua fraksi partai Gerindra DPRD provinsi Jatim ini.

Untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian Jember ke depan, Gus Fawait mengaku sudah memiliki konsep. Pertama, melakukan perbaikan dan memberikan kemudahan dalam perijinan dan investasi. Bahkan kalau perlu diberikan insentif supaya banyak investor yang datang ke Jember untuk menanamkan investasi di sektor riil.

“Harapannya, tentu lapangan pekerjaan akan semakin terbuka dan bisa menyerap banyak tenaga kerja (angkatan kerja) sehingga pendapatan naik dan angka kemiskinan menjadi turun,” terangnya.

Kedua adalah terkait masalah infrastruktur. Pasalnya, infrastruktur yang tidak mendukung membuat para investor juga enggan berinvestasi di Jember.

Perbaikan infrastruktur itu dimulai dari mana? Kata Gus Fawait, yang pertama adalah menghidupkan Bandara Jember. Sehingga kalau dirinya mendapat amanat memimpin Jember ke depan, hal itu akan menjadi prioritas pembangunan di Jember.

“Kalau Bandara Jember hidup, maka akan banyak investor dan wisatawan yang berkunjung ke Jember dan menanamkan investasi di sektor riil,” tukas Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) ini.

Berikutnya, karena Kabupaten Jember tidak dilalui jalan tol, maka harus solusi dan alternatif, seperti membangun pelabuhan supaya ketika ada investor yang berinvestasi di Jember maka biaya angkut (transportasi) dari Jember ke daerah-daerah lain bisa melalui pelabuhan yang ongkosnya lebih murah.

“Sampai hari ini Jember tidak punya pelabuhan, jalan tol juga tidak ada dan penambahan ruas jalan juga tidak optimal karena lalu lintasnya semakin macet sehingga tidak menarik bagi investor. Itulah yang terjadi sekarang di Jember,” ungkap Gus Fawait.

Tingginya angka kemiskinan juga menimbulkan dampak yang lain. Misalnya, angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi di Kabupaten Jember menempati peringkat tertinggi di Jawa Timur.

“Jadi untuk memperbaiki dan mensejahterakan masyarakat Jember ke depan, kuncinya adalah perijinan harus dipermudah bahkan kalau perlu diberikan insentif bagi para investor yang mau menanamkan investasinya di Jember,” tegas kandidat kuat calon tunggal di Pilkada Jember 2024.

“Dan yang lebih penting lagi adalah menyediakan infrastruktur yang memadai. Ruas jalan harus diperbanyak dan diperluas, bandara harus dihidupkan, dan pelabuhan di Jember juga harus dipikirkan untuk segera dibangun karena itu yang bisa membuat ekonomi bergeliat, investor mau masuk ke Jember. Maka saya yakin pengangguran dan kemiskinan juga akan berkurang,” tandasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait