Siswa SMPN 1 Kota Madiun Penyaji Terbaik Festival Dalang Nasional

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Nama Kota Madiun, Jawa Timur, kembali moncer di kancah nasional. Pasalnya, Daiva Kamajaya (14), yang juga siswa SMPN 1 Kota Madiun, berhasil meraih penghargaan sebagai dalang bocah untuk kategori, Penyaji Terbaik, bersama empat dalang cilik lainnya diantara 29 peserta dalam Festival Dalang Bocah Nasional yang diselenggarakan di Candi Bentar, Komplek TMII, Jakarta, 21-23 September 2017, lalu.

Festival Dalang Bocah yang diselenggarakan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Pusat berkerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kementrian Kebudayaan ini, dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi dan tingkat nasional.

Pada festival yang diikuti oleh 29 peserta perwakilan dari masing-masing provinsi ini, memperebutkan predikat sebagai Dalang Mumpuni untuk 1 anak dan predikat Dalang Penyaji Terbaik untuk 5 anak.

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan dan Kepariwisataan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Madiun, Dewanto, Daiva yang kesehariannya dibimbing oleh seorang dalang, Ki Supriyono dan dirinya, sukses menyabet gelar Penyaji Terbaik setelah menggelar pagelaran dengan lakon, Babad Wanamarta.

“Untuk Festival Dalang Bocah tingkat nasional ini, Daiva juga dilatih oleh Disbudparpora yang berkerjasama dengan mahasiswa ISI Surakarta,” terang Dewanto, yang juga ayah dari Daiva, Jumat 6 Oktober 2017.

Saat ini, lanjutnya, Pemerintah Kota Madiun terus melakukan pembinaan kepada generasi muda untuk mencari bibit unggul dalam seni pedalangan. Salah satunya melalui lomba dalang anak dan remaja yang rutin diselenggarakan tiap tahun, serta pembinaan dalam bentuk bimtek dan pengarahan.

“Keberhasilan Daiva ini semakin memupuk optimisme dalam melestarikan dan menanamkan nilai budaya pada generasi muda khususnya. Saya berharap ke depan ada kerjasama lintas sektoral dalam melestarikan budaya, khususnya budaya Jawa. Dan keinginan saya, seni wayang dapat masuk ke dalam mata pelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler di sekolah,” harapnya.

Untuk diketahui, pada festival yang diikuti oleh 29 dalang bocah dari seluruh Indonesia, selain Daiva, yang berhasil menyabet gelar Pengaji Terbaik yakni dalang cilik asal Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, Kota Madiun, Jawa Timur dan Kota Yogyakarta, DIY (Dinas Kominfo Kota Madiun/editor: Dibyo).

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *