SMEGA-Membawa Penyakikah?

  • Whatsapp

Oleh:
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Saya punya beberapa kasus yang suami tak sunat membawa penyakit untuk istrinya yakni Kanker leher rahim karena sering ada smegma dikutup penis dengan bau tengik sekali.seperti yg dialami bu Merry di Medan yang menderita kanker cervix uteri yang sedang di terapi ke Penang.

Kebersihan seluruh bagian organ tubuh kita harus senantiasa dijaga, termasuk area organ intim.kebersihan dan kesehatan alat kelamin yang kurang terjaga dapat menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya penumpukan smegma.Smegma, atau kalat (bahasa Yunani smēgma) adalah kombinasi dari sel-sel kulit, minyak kulit & pelembap alami. Smegma bisa terbentuk pada genitalia mamalia jantan dan betina. Dalam tubuh wanita, smegma terkumpul di sekitar klitoris dan di lipatan labia minor pada pria, smegma terkumpul di bawah kulup.

Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi pelumas alami agar lipatan kulit tersebut mudah tertarik, terutama saat penis ereksi atau terangsang.Pelumas ini kemudian dapat menumpuk di bawah lipatan kulit bersama dengan minyak, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri.Jika tidak dibersihkan, smegma yang menumpuk pada lipatan kulit bisa mengakibatkan penis dan vagina berbau tidak sedap.mendatangkan berbagai penyakit

APA ITU SMEGMA?
Smegma adalah daki atau bercak putih yang terdapat pada alat kelamin. Daki ini terbentuk dari minyak, sel kulit mati, dan keringat yang menumpuk umumnya Smegma ditemukan pada lipatan kulit penis yang tidak disunat atau lipatan labia (bibir) vagina.

Smegma adalah bercak putih yang terbuat dari campuran sel-sel kulit mati, minyak, keringat, dan kotoran yang menumpuk menjadi “daki” di sekitar lipatan kulit Mr. P. Smegma sering terjadi pada Mr. P yang tidak disunat, karena kulit kulup paling rentan berkeringat.

Penumpukan smegma (bercak putih yang terbentuk dari sel kulit mati, keringat, dan kotoran) berisiko menyebabkan kulup melekat dan tidak dapat ditarik ke belakang kepala penis

Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi pelumas alami agar lipatan kulit tersebut mudah tertarik, terutama saat penis ereksi atau terangsang.Pelumas ini kemudian dapat menumpuk di bawah lipatan kulit bersama dengan minyak, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri.seorang laki smegma yang menumpuk pada lipatan kulit bisa mengakibatkan penis dan vagina berbau tidak sedap.
Smegma yang menumpuk bisa menjadi tempat tumbuh dan berkembangbiaknya bakteri. Jika hal itu terjadi, akan muncul berbagai kondisi berikut:
• Balanitis, yaitu peradangan dan pembengkakan pada kepala penis
• Fimosis, yaitu kulup melekat pada kepala kepala penis hingga tidak dapat ditarik
• Adhesi klitoris, yaitu iritasi dan nyeri pada

Seyogianya kemunculan smegma adalah hal yang normal. Akan tetapi, Anda sebaiknya membersihkannya secara tuntas untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.dan tidak segera dibersihkan, bercak tersebut dapat mengering dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada kulit kelamin.

KONDISI TUBUH YANG BISA TIMBUL SMEGMA
1. Fimosis dalah kondisi ketika lipatan kulit penis menempel terlalu ketat dan sulit untuk dilepas. Kondisi ini lazim terjadi pada bayi dan balita, tetapi juga dapat dialami orang dewasa dengan smegma yang telanjur mengering atau mengalami penyakit menular seksual.

2. Balanitis adalah peradangan dan pembengkakan pada kepala penis. Seperti fimosis, balanitis juga bisa terjadi jika Anda tidak menjaga kebersihan alat kelamin dengan baik.Balanitis juga sering kali dikaitkan dengan penyakit menular seksual, seperti gonore atau klamidia.Kondisi ini juga dapat disertai dengan gejala-gejala lain, seperti:
1. rasa sakit saat buang air kecil,
2. perdarahan dari kulit kepala penis,
3. bau tak sedap, dan kulit kepala penis sulit ditarik.

SMEGA DAPAT DIBERSIHKAN DENGAN CARA
Cara paling dasar dan mudah untuk membersihkan daki putih pada kemaluan pria dan wanita adalah dengan membilas alat kelamin secara menyeluruh, terutama pada bagian dalam lipatan kulit dan sekitarnya.
1. Tarik kulit secara perlahan
2. Gunakan sabun berbahan lembut
3. Bilas hingga bersih dan keringkan
4. Hindari menggunakan alat tajam, kain, atau kapas
Tips mencegah munculnya smegma
Setelah mengetahui bagaimana cara membersihkan smegma pada pria dan wanita, Anda juga harus mencegah agar bercak tersebut tidak muncul kembali.

Kesimpulan
1. Smegma yang menumpuk bisa menjadi tempat tumbuh dan berkembangbiaknya bakteri. Jika hal itu terjadi, akan muncul berbagai kondisi berikut: Balanitis, yaitu peradangan dan pembengkakan pada kepala penis. Fimosis, yaitu kulup melekat pada kepala kepala penis hingga tidak dapat ditarik
2. Smegma adalah daki atau bercak putih pada alat kelamin yang terbentuk dari minyak, sel kulit mati, dan keringat yang menumpuk.
3. Jika tidak dibersihkan, daki ini dapat mengering dan menyebabkan fimosis atau balanitis pada laki-laki.Anda bisa membersihkan smegma menggunakan air hangat dan sabun berbahan lembut.

Sekilas info,semoga bermanfaat dan menghimbau kaum laki sebaiknya disunat agar tidak menumpuk smegma di kucup kepala penis, sehat itu harta yang tak ada nilainya.
RobertoNews 1846《26.9.24 (06.00)》
• Praktis8 Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait