Solidaritas Elemen Masyarakat untuk Mengatasi Covid-19

  • Whatsapp

By: Charisma Muhammad Hanif
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Pendidikan Bahasa Inggris

Pada saat ini, hampir semua manusia sedang menghadapi masalah yang sama. Berawal dari tahun 2019 munculnya suatu wabah penyakit dari china yang berbentuk virus, yaitu virus corona yang akrab disebut Covid 19. Hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan-perubahan yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Berita yang mendebarkan bermunculan dari seluruh aspek kehidupan. Dunia perekonomian semakin lemah, Pendidikan terkendala, dan pariwisata tak luput terkena penurunan jumlah wisatawan, bahkan covid memberi dampak buruk pada interaksi sesama manusia sebagai mahluk sosial. Hubungan sosial semakin menurun yang menyebabkan kurangnya interaksi dan kepedulian terhadap sesame. Hingga semuanya telah merasakan dampak dari virus covid 19 ini. Kita harus siap menghadapi perubahan ini, karena cepat atau lambat dunia akan mengalami perubahan drastis di banyak bidang akibat pandemi covid 19. Segala bentuk dampak yg diberikan dri virus ini, jelas memberi pola hidup baru bagi orang, beradaptasi pada pola hidup baru memang sulit dilakukan, maka dari itu bisa dilakukan dengan hal kecil seperti, tidak mudah cemas, lebih meninggikan rasa peduli antar manusia, tapi juga tetap jaga kesehatan pribadi.

Ada berbagai cara untuk menghadapi virus. Salah satunya adalah dengan solidaritas bersama. Segala bentuk tips terkait masalah kesehatan, sudah sering kita temukan. Tetapi ada satu hal yang masih jarang diterapkan sebagai sesama manusia. Bentuk kepedulian sangatlah dibutuhkan saat ini, salah satu hal kecilnya ialah, saling menegur dan mengingatkan protokol kesehatan yang harus diterapkan dan hal lain yang bisa dilakukuan adalah dengan tidak menjauhi dan mencaci maki mereka yang terpapar virus ini. Justru yang harus kita lakukan ialah membantu. Karena beberapa faktor yang mana pasien covid harus isoman di rumah, kita bisa membantu dengan memberi bantuan berupa mengirim makanan, membelikan barang kebutuhan pasien covid, atau hanya sekedar menanyakan kabar dan memberi semangat.
Bagi pasien yang terinfeksi maka baiknya adalah isoman menyehatkan diri sendiri. Apabila terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit maka jangan dijadikan beban dan harus dijalani secara ikhlas serta optimis untuk sembuh. Bagi yang tidak sakit, sewajarnya untuk stay at home. Saat ini sudah banyak kebijakan pekerjaan yang menganjurkan untuk bekerja dari rumah. Sehingga dari rumah pun masih bisa produktif dan bisa menghasilkan penghasilan. Bagi yang harus bekerja di luar rumah, maka tetap jaga protokol kesehatan agar terhindar dari infeksi virus corona. Intinya kita harus solid saling mengisi saling membantu satu sama lain dalam masa yang kritis ini. Solidaritas sangatlah penting di masa ini. Jangan karena alasan virus corona lantas kita tidak saling menyapa, tidak saling komunikasi, tidak saling membantu. Memang virus corona ini membuat kita harus berjaga jarak. Namun dengan jaga jarak pun kita masih bisa saling berhubungan. Kita harus tetap saling bergandengan tangan bersama menyelesaikan masalah covid ini bersama sama.

Dimasa pandemic ini solidaritas tentu sangat dibutuhkan. Banyak peran yang bias di isi dengan tujuan membantu sesame. Ada orang yang berperan mengobati, ada yang berperan megatur, ada yang berperan membantu, dan segala bentuk peran yang diperlukan dalam masa pandemic. Semua orang punya peran di kehidupannya masing-masing. Namun hidup kali ini berbeda dan saat ini yang diutamakan adalah saling menjaga. Karena apabila lengah dengan covid, maka dampaknya akan besar sekali. Ayo mari kita bersama saling menjaga dan memberi rasa aman kepada lingkungan sekitar. Dengan maju bersama maka virus akan ditangani dengan tepat dan cepat, sehingga dunia segera pulih normal.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait