Startup Asal Surabaya Agenin.id Berharap Jadi Solusi Korban PHK Efek Covid-19

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com |Pandemi Covid-19 tidak hanya berefek pada perekomian, tapi juga berpotensi pada lonjakan pengangguran.

Pemerintah sendiri memperkirakan angka pengangguran tahun ini akan kembali meningkat akibat sebaran virus Corona yang tak kunjung usai. Bahkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, beban terberat pemerintah akibat wabah ini tingkat pengangguran bisa naik 5,2 juta orang.

Di tengah Pandemi Corona yang semakin memprihatinkan ini, muncul sebuah ide dari startup asal Surabaya untuk mengatasi masalah meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia. Startup bernama Moh Rizal Rizki ini mengatakan, Agenin.id diharap bisa membantu permasalah sosial bangsa ini.

“Agenin adalah sebuah portal website yang menghubungkan antara pemilik produk dengan orang yang ingin menjadi agen,” ujar Rizal, panggilan akrab Founder Agenin.id ini.

Website tersebut, terang dia, berisikan informasi peluang keagenan yang cukup banyak, diantaranya bidang properti, asuransi, fashion, travel, hingga F&B.

“Saat ini banyak saudara kita yang kehilangan penghasilan, pekerjaan. Kami berharap agenin.id bisa membantu memberikan informasi peluang keagenan supaya mereka kembali mendapat penghasilan,” tuturnya pada beritalima.com, Sabtu (18/4/2020).

Menurutnya, jika pekerjaan formal seperti perkantoran, pabrik dan perhotelan saat ini banyak yang tutup, salah satu cara untuk mendapat penghasilan adalah dengan berjualan.

Akan tetapi, tukas anak muda ini, kendalanya banyak yang belum tau harus memulai dari mana dan menghubungi siapa. “Untuk itu saya menciptakan sebuah portal yang berisi berbagai informasi lowongan keagenan,” ungkapnya.

Dikemukakan, ide Agenin.id sebenarnya sudah tercetus sejak 2019. Bahkan agenin.id pernah masuk 10 besar Pitching Competition dalam kegiatan Go Startup Indonesia Surabaya yang digelar Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif (BeKraf) tahun 2019.

“Ide Agenin sudah ada sejak tahun lalu, namun karena kesibukkan saya sebagai karyawan fulltime, maka baru bisa kami launching pada bulan April ini,” kata Rizal.

Saat ini Agenin sedang menggalang pendanaan dari Angel Investor untuk melakukan promosi secara masif dan pengembangan produk.

“Agenin akan menjadi sebuah solusi untuk membantu pemilik usaha dan masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Kami sudah memiliki gambaran pengembangan dan visi panjang kedepan,” ucap Rizal meyakinkan. Pemuda yang masih aktif bekerja di sebuah Lembaga Milik Negara ini berharap bisa mengumpulkan pendanaan dalam waktu dekat. (Ganefo)

Teks Foto: Moh Rizal Rizki, Founder Agenin.id, berharap startupnya bisa membantu masyarakat yang membutuhkan penghasilan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait