Sudah Pernah Coba Kereta Panoramic Dengan Jendela Besar?

  • Whatsapp
Kereta Panoramic tawarkan sensasi baru dengan kaca yang lebar

Jakarta, beritalima.com| – Kalian sudah pernah coba sensasi naik Kereta Panoramic dengan jendela besar? Ya, ini adalah produk dari PT Kereta Api Indonesia atau KAI  (Persero) dengan layanan Kereta Panoramic pertama di Indonesia, hasil inovasi dari Balai Yasa Surabaya Gubeng, diresmikan pada 24 Desember 2022 di Stasiun Gambir, Jakarta.

“Kereta ini merupakan hasil modifikasi dari kereta kelas eksekutif. Kereta dilengkapi sunroof dan ukuran kacanya lebih besar. Jadi para penumpang bisa melihat pemandangan lebih luas. Elemen kaca yang dibuat lebih luas tersebut merupakan keunikan dan keistimewaan dari Kereta Panoramic,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

Begitu antusiasnya masyarakat ingin mencoba kereta ini. Tercatat dari Januari sampai September 2024, Kereta Panoramic telah melayani 74.320 Pelanggan.

Untuk periode tertinggi pemesanan terjadi pada Juli sebanyak 10.462 pelanggan, selanjutnya pada September penumpang kereta Panoramic 9.461 pelanggan.

“Kereta Panoramic memiliki kapasitas 38 tempat duduk, Automatic Sunroof dan Kaca Panoramic, Dedicated Train Attendant, Sajian Makan dan minuman, fasilitas untuk nonton Film, serta Free Wifi,” tambah Anne.

Adapun rute  yang terdapat fasilitas layanan Kereta Panoramic diantaranya :

1. KA Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung (pp)
2. KA Papandayan relasi Gambir – Garut (pp)
3. KA Pangandaran relasi Gambir – Banjar (pp)
4. KA Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya Gubeng (pp)
5. KA Turangga relasi Bandung – Surabaya Gubeng (pp)

“Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan ada tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remot, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi serta rak bagasi khusus di ujung kereta,” jelas Anne.

Pada bagian atap Kereta Panoramic diberi kaca membentuk pola persegi (emerald panoramic roof) memanjang transparan dari depan hingga belakang. Kacanya tak mudah pecah oleh timpukan benda keras dari luar kereta, dan mampu serap panas sinar matahari sehingga kabin kereta tidak panas.

“Tak perlu khawatir silau oleh terpaan sinar matahari meski kereta sudah sejuk, karena ada tirai canggih yang akan menutup otomatis jika kita menekan tombol di salah satu sisi kursi penumpang,” ungkap Anne.

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait