Sumber Daya Manusia Sektor Parekraf Terus Diperkuat

  • Whatsapp
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) komit perkuat peran SDM

Jakarta, beritalima.com |- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) komit memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor parekraf pada 2025. Ini diutarakan ketika rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta (29/8).

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan fokus meningkatkan kualitas SDM pelaku parekraf di Tanah Air melalui pemanfaatan pagu anggaran 2025 yang telah ditetapkan sebesar Rp1.768.347.951.000.

“Kami akan menghadirkan program yang nanti diarahkan bagi peningkatan SDM kita, (seperti) pelatihan, pendampingan masyarakat pakrekraf, kegiatan-kegiatan bimtek (bimbingan teknis) desa wisata, dan lain sebagainya,” ucap Sandiaga.

Sementara Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029, pariwisata tergolong pada agenda pembangunan yaitu transformasi ekonomi. Sehingga, untuk mewujudkan hal ini diperlukan SDM yang andal dan terampil.

“Dengan target PDB (produk domestik bruto) pariwisata sebesar 4,6 persen dan target devisa sebesar 22,10 miliar dolar AS pada 2025, maka fokus pembangunan kepariwisataan Indonesia adalah pariwisata berkualitas dan pariwisata berkelanjutan,” jelas Giri.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf selaku pimpinan rapat mengingatkan agar Kemenparekraf untuk tetap menguatkan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait. Sehingga, target-target yang telah ditetapkan bisa dicapai dengan maksimal, efisien, dan efektif.

“Kami menilai Kemenparekraf saat tahun 2025 perlu meningkatkan kolaborasi dengan para pengusaha lokal, akademisi, pelaku parekraf, dan pemda. Karena sangat penting melibatkan peran mereka untuk bisa mengembangkan potensi parekraf di daerah,” ujar Dede.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait