Survei LAPODA Nama Sutiaji di Tiga Besar Elektabilitas Cawalkot Malang

  • Whatsapp
Direktur LAPODA George Da Silva Memaparkan hasil survei di Pendopo NK Cafe Karangploso kabupaten Malang.

Kota Malang, beritalimacom| Lembaga Analisis Politik dan Otonomi Daerah (Lapoda) merilis hasil survey elektabilitas dan popularitas bakal calon Walikota Malang 2024, yang telah dilakukan sejak 15 Juli hingga 7 Agustus 2024 lalu, dengan jumlah responden 625 dengan Margin Error 4 %  pada 5 Lima Kecamatan 57 Kelurahan di Kota Malang.

“Popularitas ketokohan dalam pilkada 2024 masih di dominasi wajah – wajah lama seperti H. Moch Anton dan Drs. H. Sutiaji, Hasil Survei, selama prosesnya kita menggunakan metode yang sesuai, jadi hasil ini bisa dipertanggung jawabkan kita juga mengambil sampel dari DPT di Tahun lalu,” ungkap George da Silva di NK Cafe Kamis (16/08/2024).

Bacaan Lainnya

Menurut George beberapa nama tokoh yang ikut memiliki popularitas tinggi di Masyarakat terdapat beberapa nama seperti,  Dewanti Rumpoko, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko kemudian Heri Cahyono. Bahkan, dari jumlah responden sebanyak 625, Nama H. Moch Anton, masuk dalam 5 (lima) besar tokoh populer  yang berada di posisi tertinggi dengan angka 91,5% kemudian diikuti oleh Sutiaji 82,6% lalu Dewanti Rumpoko 44,4% dan  Sofyan Edi Jarwoko 38%.

Menurut George, data lapangan menunjukan bahwa, masyarakat masih memiliki nilai kemelekatan Figur atau tokoh ketimbang perjalanan politiknya, Ia juga mengkalim pengumpulan data survey dilakukan secara independen tanpa ada permintaan dari partai politik atau Calon Walikota.

“ini kewajiban dari kami sebagai lembaga analis politik untuk mempublikasikan karena kita dengan biaya sendiri jadi kita punya kewenang untuk menginformasikan supaya bisa membantu menjawab bagaimana situasi politik di Kota Malang Saat ini , kalau lembaga survey yang lain tidak pernah mempublikasikannya biasanya untuk kepentingan intern mereka,” katanya.

Lebih lanjut, Laporan hasil survey Lapoda menunjukan nama tokoh pendatang baru dalam perpolitikan Kota Malang Namun memiliki tingkat Elektabilitas kuat yaitu Dr. Ir. Wahyu Hidayat sebesar 60,8%,  angka ini bahkan mengalahkan Tokoh politik lama seperti Dewanti Rumpoko dan Latifah Shohib.

Meskipun terbilang baru dalam Politik, Sosok Wahyu Hidayat berhasil menarik perhatian masyarakat, melalui survey Lapoda mencatat responden sebesar 11.6%  yang menjawab bahwa figur layak untuk menjadi Walikota Malang yaitu Wahyu Hidayat.

“Sebetulnya masyarakat tidak perlu visi misi, kalo dilihat dari data menunjukan figure personal lebih dilihat dan dinilai dari pada partai politiknya atau programnya, yang penting datang bawa bahan bantuan sembako saja sudah cukup”, lanjutnya.

Bahkan kata George, masyarakat sangat tertarik dengan calon Walikota yang mau turun langsung atau bertatap muka.

“Dalam bersosialisasi paslon walikota dan wakilnya atau penyelengara harus tau apa yang paling dibutuhkan masyarakat,” kata dia.

Selain itu, dari hasil survei yang mengejutkan juga nama mantan Walikota Sutiaji masih berada di lima besar. Padahal, imbuh George selama ini Mantan Walikota Malang itu, tidak menandakan bakal nyalon lagi.

“Yang lebih mengejutkan lagi nama Sutiaji, dari hasil survei masih berada pada posisi teratas, padahal tidak ada sama sekali banner banner di Kota Malang, namun namanya masih ada, kalau dilihat timses Sutiaji bergerak senyap,” tandasnya.

[Redaksi]

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait