Tahapan Kesehatan Selesai, Hasilnya Diumumkan 5-6 September

  • Whatsapp

Timika, beritalima.com. Tahapan kesehatan telah selesai dilakukan bagi tiga Pasangan Calon (Paslon) di Kabupaten Mimika, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika akan bacakan hasilnya 5-6 September 2024, Minggu (1/09).

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau mengatakan ketiga Paslon telah melakukan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan dilakukan selama 2 hari dan sampai hari terakhir pemeriksaan dilakukan dengan baik dan lancar.

“Kita bersama-sama sudah saksikan pemeriksaan kesehatan ketiga Paslon, dan semua berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kesehatan, Dr Charisma Dian Simatupang mengatakan, hari pertama dan kedua telah dilakukan pemeriksaan dan Tim Kesehatan selalu melakukan koordinasi bersama KPU Mimika sehingga Tes Kesehatan berjalan dengan baik.

“Dari persiapan Paslon juga dilakukan dengan baik, dan kegiatan kita selama dua hari berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan dilakukan mulai dari tes jasmani, jiwa dan Narkotika, untuk tes penyakit dalam dilakukan oleh tim kesehatan RSUD Mimika, untuk tes kesehatan jiwa dilakukan oleh dokter dari Makasar kemudian untuk tes narkotika dilakukan oleh BNN Mimika.

“Kita lakukan tes radiologi, THT, mata dan gigi pemeriksaan penyakit dalam, paru-paru namun Paslon perempuan kita lakukan tes USG dinding rahim dan Pap smear,” jelasnya.

Selanjutnya, Ketua Divisi Teknis, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy mengatakan, pemeriksaan hari ini sudah selesai dilakukan, selanjutnya tanggal 4 September Tim kesehatan harus sudah memberikan kesimpulan dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.

“Kita tunggu kesimpulan dari Tim kesehatan di tanggal 4 September dari kesimpulan tes kesehatan ini, kita akan membacakan hasilnya ditanggal 5-6 September 2024,” jelasnya.

Selanjutnya kata Frans, usai pembacaan hasil kesehatan, apabila terdapat Paslon yang dinyatakan dimampu dalam hal kesehatan maka ditanggal 6-8 September waktu pergantian Paslon.

“Selanjutnya ditanggal 15-18 September kita masuk pada tahapan tanggapan masyarakat terkait Paslon, kemudian ditanggal 15-21 September kita lakukan tanggapan Paslon terkait tanggapan masyarakat,” pungkasnya.

(Timika/lasatya)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait