Tahun 2023 Investasi Capai 49,5 Triliun, Pemkab Gresik Raih Penghargaan Peringkat Pertama Capaian Investasi

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) meraih penghargaan peringkat pertama di sektor investasi tahun 2023.

Penghargaan ini diberikan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Gresik, Aminatun Habibah dalam upacara peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-79 yang digelar di Gedung Grahadi, Surabaya, Sabtu (12/10).

“Keberhasilan ini adalah hasil kerja bersama, yang menunjukkan bahwa Gresik merupakan wilayah yang ramah investasi. Kami akan terus berupaya mendorong investasi yang berkelanjutan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Aminatun.

Dari data yang diterima, capaian investasi Kabupaten Gresik dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Berikut rincian realisasi investasi dalam beberapa tahun terakhir:
2020: Total investasi Rp16,8 triliun, terdiri dari Rp2,4 triliun Penanaman Modal Asing (PMA) dan Rp14,4 triliun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).
2021: Total investasi Rp16,6 triliun, dengan rincian Rp8,4 triliun PMA dan Rp8,2 triliun PMDN. 2022: Total investasi melonjak hingga Rp31,5 triliun, terdiri dari Rp24,8 triliun PMA dan Rp6,7 triliun PMDN.
2023: Total investasi mencapai puncaknya di angka Rp49,5 triliun, dengan kontribusi PMA sebesar Rp39,8 triliun dan PMDN sebesar Rp9,7 triliun.

Capaian tertinggi di tahun 2023 didominasi oleh sektor industri pertambangan sebagai motor penggerak utama investasi di Gresik. Pemerintah Kabupaten Gresik terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), termasuk dalam mempercepat perizinan dan mempermudah akses investasi.

Plt Bupati Gresik menambahkan, capaian ini merupakan pijakan untuk melangkah lebih jauh, khususnya dalam meningkatkan daya saing daerah serta menjaga pertumbuhan investasi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas infrastruktur, menciptakan peluang usaha baru, dan mengoptimalkan potensi lokal,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP (DPMPTSP) Kabupaten Gresik Reza Pahlevi. Disampaikan bahwa apresiasi yang diterima hari ini, merupakan penambah semangat bagi DPMPTSP untuk terus memberikan capaian terbaik bagi Kabupaten Gresik. Sebagai informasi, tahun ini target investasi Kabupaten Gresik ada di angka Rp41,57 triliyun

“Hingga semester I, capaian investasi di Kabupaten Gresik sudah mencapai Rp20,69 triliun atau 49,77 persen dari target realisasi. Kita akan terus berupaya agar target yang sudah ditetapkan tersebut bisa tercapai,” terang Reza Pahlevi.

Pada upacara tersebut, turut diserahkan berbagai penghargaan lainnya kepada daerah-daerah yang berprestasi di sektor pembangunan dan pelayanan publik, serta individu yang memberikan sumbangsih bagi Provinsi Jawa Timur dan Indonesia. Dalam acara yang sama, ditampilkan juga berbagai penampilan budaya khas Jawa Timur sebagai rangkaian perayaan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-79.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait