Tahun Baru Islam Momentum Introspeksi Diri Menuju Perubahan

  • Whatsapp

BIREUEN ACEH, BERITALIMA.COM – Penceramah agama Islam Dr Nazaruddin Abdullah mengingatkan kita untuk melakukan introspeksi diri dengan reungan pada prosesi pergantian tahun Hijriah yang merupakan momentum hijrah untuk perubahan kehidupan setelah melakukan introspeksi diri.

“ Kita harus introspeksi diri dengan tafakur sejenak dan merenung apa yang telah kita perbuat dan apa yang belum sehingga kita mempunyai solusi memaknai hijrah sebagai isyarat bahwa manusia harus selalu ingat untuk berubah dalam kehidupan menuju kebaikan.” Ungkap Dr Nazaruddin pada acara memperingati Tahun Baru Islam 1440 H di Masjid Al Mujahidin yang berlokasi di Gampoeng Geudong-Geudong Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, Senin (10/9) malam.

Dijelaskan bahwa isyarat agar ummat Islam hijrah demi perubahan. Namun perubahan bukan asal berubah tapi perubahan demi mencapai suatu kebaikan dan mendapat kebaikan.

Dr Nazaruddin menambahkan, ummat Islam ada berbagai cara untuk memperingati tahun baru Islam, salah satunya dengan memaknai Hijrah dengan momentum yang tepat adalah introspeksi untuk merenung apa saja amalan yang harus ditinggalkan.

Dr Nazaruddin menyebutkan, sejatinya peringatan tahun baru Islam adalah sebuah momentum untuk kita introspeksi dan mengevaluasi diri kita pada tahun yang lalu, untuk melakukan langkah hijrah menuju perubahan yang lebih baik.

Kita evaluasi shalat kita pada tahun lalu, jika masih banyak yang tertinggal maka targetkan perubahan untuk konsisten melaksanakan shalat lima waktu ditambah dengan shalat sunnah. Dan jika dahulu masih shalat sendiri di rumah, ke depan rencanakan untuk shalat berjamaah di Masjid. (Suherman Amin)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *