Tambah 10 Emas, Jatim Kini Ditempel Ketat DKI Jakarta

  • Whatsapp

Nabil didampingi ketua Pengurus PBFI Jatim, Raja Siahaan saat diwawancarai wartawan

MEDAN, Beritalima.com-
Hari ketiga pasca pembukaan PON XXI 2024, perolehan medali Kontingen Jawa Timur (Jatim) melejit. Jatim meraih 17 emas, sehingga total medali emasnya bertambah menjadi 52 keping, ditambah 33 perak dan 38 perunggu dengan total medali 123.

Total medali Jatim terpaut 10 emas dari runner up DKI Jakarta. Kontingen ibu kota negara itu menggeser posisi Jawa Barat (Jabar) dengan total medali 108, terdiri dari 42 emas, 38 perak, 28 perunggu. Sedang Jabar berada di peringkat tiga dengan total medali 122, terdiri dari 31 emas, 47 perak, 44 perunggu.

Tambahan 17 emas itu, berasal dari cabor selam 3 emas, balap sepeda 2, renang perairan terbuka 2, loncat indah 2, sepatu roda 1, menembak 1, bowling 1, kuda pacu 1, judo 1, binaraga 1, sepak takraw 1 dan triathlon standart distance putri 1.

Atas capaian ini, Ketua KONI Jatim M Nabil mengaku bersyukur, karena hasilnya sudah sesuai prediksi. “Hari ini kita dapat tambahan 17 emas. Cabor-cabor yang mendapat emas sudah sesuai dengan yang kita prediksikan,” ujarnya ketika ditemui di lomba binaraga.

Berdasar pantauan KONI, lanjutnya, hasil yang diraih atlet beberapa cabor sesuai dengan hasil di lapangan. Artinya, cabor-cabor yang diprediksi emas meraih emas di final. “Yang perak dinaikkan menjadi emas. Tentu hal itu juga tergantung di lapangan juga,” paparnya.

Soal DKI yang berhasil menggeser posisi Jabar, Nabil menyebut tetap memperhitungkan kekuatannya. Jabar tidak bisa dikesampingkan begitu saja. “Dua provinsi itulah yang menjadi peta kekuatan olahraga di tanah air,” tandas Nabil.

Karena itu, masih sulit memprediksi provinsi mana yang bakal bercokol di puncak klasemen perolehan medali. Nabil menyebut penentuan juara umum baru akan diketahui beberapa hari PON berakhir.

Sebab, masih banyak nomor-nomor yang dipertandingkan. Dimana, masing-masing provinsi memiliki atlet andalan.

“Nanti akan ketahuan siapa yang berpeluang juara umum setelah memasuki pertengahan PON. Kalau sekarang masih belum. Kan banyak nomor dari beberapa yang belum dimainkan,” kata Nabil yang bangga atas perjuangan binaragawan Akbar dalam mencapai harapan merebut medali emas PON 2024.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait