Tangkal Hoax “3 IS” Jadi Isi Khotbah Kapolres Situbondo Saat Menjadi Khotib Salat Jumat

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Banyak jalan menuju Roma. istilah tersebut mungkin yang saat ini diterapkan oleh Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono,SH,SIK,M.Sc (Eng) dalam upaya menangkal berita Hoax, SARA maupun Hate Space seperti memanfaatkan momentum pelaksanaan sholat jumat, dengan menjadi khotib jumat didepan ratusan jemaah untuk memberikan sosialisasi terhadap masyarakat Situbondo di masjid Al-Asykar Polres Situbondo. Jumat (30/03).

Dengan mengutif beberapa Ayat dalam Al- Qur’an maupun Hadist dalam khotbahnya, AKBP Sigit Dany Setiyono mengingatkan kepada masyarakat Situbondo agar tidak mudah percaya apalagi menyebarkan informasi dimedia sosial maupun media online dan media lainnya. berita fitnah, isu sara, dan berita palsu atau hoax. yang bisa menimbulkan perpecahan masyarakat.

“Didalam Al -Quran surah al-Hujuraat ayat 6. Allah berfirman jika seorang muslim mendengar satu berita. terutama yang belum jelas kebenarannya. muslim yang cerdas hendaknya melakukan tabayyun (cek dan ricek) terlebih dahulu, sebelum musibah menimpa suatu kaum, kelompok maupun perseorangan akibat berita yang belum tentu kebenarannya,”Kutip Kapolres.

Kapolres Juga meminta kepada warga muslimin di situbondo agar menerapkan 3 iS yaitu Istokomah, Istiharah dan Istighfar. apabila mendapatkan suatu berita dari media sosial maupun media lainnya yang sedianya mengandung unsur Hoax Isu Sara dan Hate space agar segera melakukan klarifikasi ke aparatur negara mengenai kebenarannya.

“Sialahkan Klarifikasi terlebih dahulu terlebih dahulu atau yang termudah klarifikasi ke kepolisian. walaupun mesin negara terus bergerak dalam menangkal Hoax. namun tanpa bantuan dan gerilya dari masyarakat mustahil hoax bisa di berantas,” Pinta Kapolres.

Kapolres Sigit juga meminta dan mengumpamakan jika Korban dari berita bohong atau ujaran kebencian menimpa diri masing – masing. bagaimana mudahnya sesorang akan hancur akibat pemberitaan Hoax,”Sebentar lagi tahapan pemulikada akan bergulir di Jawa timur. Dengan kita menjadi Muslim dan Netizen yang bijak menuju situbondo dan jawa Timur yang aman dan tentram,”Pungkasnya.
(joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *