Terima Kunjungan Konjen Australia Untuk Surabaya, Pj. Gubernur Adhy Harapkan Kerja Sama Makin Kuat dan Meluas di Berbagai Sektor

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menerima kunjungan pejabat Konsulat Jenderal (Konjen) Australia untuk Surabaya, Glen Askew di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (9/10/2024) siang.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya berdiskusi tentang kerja sama yang telah terjalin antara Jawa Timur dengan Australia, khususnya Australia Barat. Diketahui, kerja sama antara keduanya telah terjalin selama kurang lebih 33 tahun.

Adhy mengatakan, kerja sama yang telah terjalin itu di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya telah banyak membawa manfaat untuk keduanya. Maka dari itu, menjadi penting untuk semakin diperkuat dan diperluas di berbagai sektor.

“Alhamdulillah, Jawa Timur telah banyak menikmati dari hasil kerja sama dengan Australia, kami senantiasa menjajaki kesempatan untuk makin mengembangkan hubungan tersebut agar lebih erat dan menyebar di semua sektor,” ujarnya.

Selain itu, Adhy mengapresiasi sinergitas antara Jatim dan Australia selama ini, khususnya Australia Barat, dimana telah terjalin hubungan kerja sama yang harmonis di antara keduanya di bidang pendidikan.

Salah satunya, konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Jatim dengan Australia Barat yang mengizinkan mempertemukan mahasiswa Australia dan Indonesia saling mengunjungi universitas masing-masing untuk study dan pengalaman budaya dalam Western Australia East Java Universities Consortium (WAEJUC).

“Ini saya rasa sangat bagus untuk terus di kerja samakan, sehingga memberikan pengalaman dan ilmu bagus bagi mahasiswa kedua pihak, yang nantinya bisa berdampak pada peningkatan kualitas SDM masing-masing,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Adhy juga menyampaikan bahwa Jawa Timur memiliki pangsa pasar yang bagus untuk bisa dikembangkan, selain itu juga memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang banyak dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Oleh karena itu, hal tersebut menjadi sebuah daya tarik tersendiri dalam menumbuhkan minat para Investor untuk bisa bekerjasama dengan Jawa Timur.

“Jatim memiliki potensi besar untuk menarik investor dalam berinvestasi, tentunya dengan berbagai kemudahan-kemudahan yang kita berikan, baik dari sisi regulasi dan berbagai sumber daya yang ada di Jawa Timur,” terangnya.

Di akhir, Adhy berkesempatan untuk mengenalkan berbagai wisata dan budaya yang ada di Jawa Timur, Ia pun berharap Glen Askew bisa mengunjungi dan menikmati berbagai keindahan wisata dan budaya Jawa Timur.

“Saya berharap Mr. Glen Askew betah dan bisa menikmati berbagai keindahan wisata dan budaya Jawa Timur, dan ini nantinya bisa dikabarkan ke Australia, sehingga bisa menarik para wisatawan Australia untuk berkunjung ke Jawa Timur,” tandasnya.

Sementara itu, Glen Askew menyampaikan kegembiraannya bisa menjadi bagian dari hubungan antara Jawa Timur dan Australia, Ia pun berharap ke depannya mampu memberikan kontribusi terhadap kerja sama yang telah terjalin.

“Saya sangat senang punya kesempatan untuk bisa bertemu, saya yakin hubungan Australia dengan Indonesia lebih erat di beberapa tahun ke depan, ada kesempatan kita bisa mengangkat hubungan itu lebih kuat dengan semua bidangnya,” ungkapnya.

“Saya berharap nantinya orang Australia lebih mengenal Indonesia, itu yang saya coba mengabarkan ke masyarakat Australia dan menjadi referensi bagi Australia,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait