Tertinggi Dalam Sejarah Perolehan Kursi Perempuan Di DPR 2024-2029

  • Whatsapp
Anggota DPR Siti Mukaromah mengatakan jumlah perempuan di parlemen saat terbanyak dalam sejarah (foto: istimewa)

Jakarta, beritalima.com| Anggota DPR RI Siti Mukaromah soroti perolehan kursi perempuan di DPR RI periode 2024–2029 menjadi tertinggi dalam sejarah, yakni sebanyak 127 orang.

Tercatat, jumlah Anggota Legislatif (Aleg) perempuan DPR RI periode sebelumnya hanya 120 orang.

“Hal ini akan menjadi angin segar bagi isu dan kebijakan, khususnya yang berpihak pada perempuan, ibu, anak, dan keluarga,” kata Siti di Jakarta, (14/10).

Disebutkan juga oleh Siti, situasi Pemilu 2024 memiliki tantangan berbeda dari sebelumnya. Kehadiran calon anggota legislatif baru, baik di internal maupun dari partai lain, menjadi salah satu indikator kaderisasi di partai politik berjalan baik.

Strategi dalam perolehan suara, lanjutnya, juga berbeda-beda sehingga hal ini menjadi salah satu tantangan tersendiri. “Masyarakat beralih dukungan adalah hal yang biasa dalam pemilu kemarin. Ada yang idealis dan tidak sedikit juga yang pragmatis,” jelas Politisi Fraksi PKB ini.

Namun, Politisi dari Dapil Jateng VIII ini menilai salah satu yang menjadi kelebihan dari politisi perempuan adalah keluwesan dalam menghadapi situasi di lapangan.

Anggota DPR yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Jurnalis: Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait