Terus Jalin Sinergitas ini Salah Satu Program YLC dengan Pemda Banyuwangi

  • Whatsapp

Banyuwangi, Young Lawyer Committee (YLC) organisasi para pengacara muda, sayap dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang ada di Banyuwangi sepakat untuk bersinergi dalam program yang relevan dengan Pemerintah Daerah Banyuwangi.

Menurut seorang pengurus YLC, Gembong Aji Rifai, SH, menegaskan bahwa keberadaan YLC di Banyuwangi tidak hanya sekedar kumpul-kumpul tetapi produktif memberikan kontribusi terhadap masyarakat khususnya di wilayah keahliannya sebagai bagian dari APH (Aparat Penegak Hukum)”.

Bacaan Lainnya

Seperti apa rencana program yang akan disinergikan dengan Pemda, antara lain bidang pendidikan; YLC pergi ke Sekolah. Diskusi hukum dengan para pendidik, sangat penting. Selanjutnya YLC Pergi ke Rumah Sakit; diskusi hukum layanan kesehatan dengan para tenaga medis. Dan waktu dekat, sebut Gembong, YLC mengawal penyelenggaraan Pilkada serentak di Kab. banyuwangi.

Bermitra dengan KPUD untuk berpartisipasi serta menjaga praktik berdemokrasi yang sehat dan aman”.

Diwawancarai melalui HP, pengacara senior asal Genteng ini optimis bahwa kawan-kawan pengacara muda yang bergabung di YLC akan bisa mengambil peran strategi dan semuanya bersifat volenteer. Sesuai dengan pesan para senior bahwa tidak sebaiknya setiap keterlibatan praktisi hukum, advokat, dikaitkan dengan uang.

Artinya sedekah ilmu dan bantuan jasa hukum terhadap yang membutuhkan bila perlu tidak usah diminta, melainkan berinisiatif niatnya membantu memberikan tawaran alternatif solusi dan pencerahan-pencerahan tentang masalah hukum.

Murni dan total bersifat pengabdian kepada masyarakat. Termasuk agenda program sinergitas dengan Pemda ini, tegas Niken Retno Dwi Rimbawati, SH anggota YLC yang juga siap menjadi relawan. (Bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait