THROMBOSIT Rendah vs THROMBOSIT Tinggi

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Masalah darah kental ( Thrombosit tinggi) dan darah encer selalu ( Thrombosit rendah )dipermasalkan Kita baru mendengar bahwa Si Adi terserang Stroke akibat Darah kental (Trombosit tinggi) dan berakhir dengan kematian atau awalnya dimulai kelumpuhan anggota gerak tubuh kaki atau tangan. Di sisi lain pula anak ibu Lina meninggal dunia karena Demam Berdarah akibat Darah Encer (Trombosit rendah) menyebabkan nyawa melayang akibat perdarahan dalam tubuh.Singkat kata jumlah Trombosit kita tak boleh tinggi dan tak boleh rendah, Bagaimana pula strategi kita menghindari kedua keadaan yang sangat mengancam nyawa,

APA ITU THROMBOSIT
Thrombosit/Platelets lebih populer disebut keping keping darah fungsi utama Thrombosit adalah dalam proses pembekuaan darah. Thrombosit berasal dari pecahan dari kelompok sel darah jumlah (150.000-450,000) / ml diproduksi oleh sumsum tulang bertahan hidup dalam
dalam peredaran darah sekitar 7-10 hari.
a. 2/3 dialirkan ke dalam aliran darah dalam bentuk megakaryocyte dan thrombosit
b. 1/3 tersimpan dalam limpa,

1. DARAH ENCER (Trombosit Rendah),
Darah Encer ditandai jumlah trombosit <20.000/ml dengan tanda khas adalah : 1. Timbul bintik merah pada badan terutama di lengan ,rongga romulut/wajah 2. Timbul perdarahan hebat dan sangat mengancam nyawa.harus segera dilakukan transfusi thrombosit. Kondisi ini terjadi karena A. Produksi di sumsum tulang dipengaruhi oleh 1. Infeksi virus al (DB.campak.cacar air Hepatitis c, Gondongan..EB Virus) 2. Obat obatan: Chloramphenicol/Dilantin/Valproic acid/thiazide/alkohol 3. Kemoterapi dan radiasi merusak sumsum tulang tak bisa produksi sel 4. Kanker menekan sumsum tulang; leukemia dan lymphoma 5. Kekurangan Vit B12 B. Kerusakan sel thrombosit akibat reaksi imum ; 1. Obat-obatan( sulfa.Tegretol. Digoxin Quinine Painkiller.Rifampicin 2. Reaksi autoimum; penyakit reumatik/SLE/ITP 3. Infeksi berat dan timbul pecahnya dinding pembuluh darah C. Limpa bengkak akibat Penyakit Leukemia atau sirosis hati Bagaimana Pengobatan Darah Encer..? Segera transfusi darah trombosit kemudian mencari sumber penyebab, misalnya karena infeksi virus maka beri obat antivirus. Kalau autoimmun berikan steroid dll. 2. DARAH KENTAL (Trombosit Tinggi) Kenapa bisa terjadi? Darah Kental ditandai jumlah thrombosit tinggi > 450.000/ ml dengan mengeluh cepat capek/kaku karena darah cepat membeku ,perdarahan abnormal
Kondisi ini dijumpai pada ;
1. Infeksi berat n infamasi
2. Anemia hemolitik / defsiensi besi
3. Penyakit autoimum disorder
4. Kanker
5. post operasi

Kadar trombosit tinggi dapat terjadi jika seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Misalnya karena anemia defisiensi besi, infeksi, tidak memiliki limpa, atau kanker.

Trombosit adalah sel-sel dalam darah yang menggumpal yang dapat menghentikan pendarahan. Tingkat trombosit dikatakan normal dan sehat jika berkisar antara 150.000 hingga 400.000 per mikroliter darah. Namun, jika seseorang memiliki di atas 450.000 per mikroliter darah, artinya ia memiliki kadar trombosit tinggi.
Beberapa hal menyebabkan Trombosit tinggi ;
1. Infeksi
Menurut sebuah penelitian, bakteri yang sering menyebabkan trombosit tinggi adalah:
A.Methicillin-resistant staphylococcus aureus (MRSA).
B.Clostridium difficile.
C.Spesies enterococcus.
D.Spesies pseudomonas.
E.Escherichia coli.
2. Gangguan mieloproliferatif
Kondisi ini terjadi akibat sumsum tulang membuat terlalu banyak sel darah, sehingga menyebabkan jumlah trombosit tinggi. Adanya gangguan mieloproliferatif, jumlah trombosit yang tinggi mengakibatkan darah mengental sekaligus mengalir lebih lambat. Akibatnya, terjadilah penggumpalan darah.
3. Anemia defisiensi besi
Hingga saat ini para ahli belum mengetahui secara pasti mengapa kadar trombosit bisa tinggi pada pengidap anemia. Namun, kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan dengan zat besi tinggi atau suplemen zat besi.
4. Tidak memiliki limpa
Apabila fungsi limpa tidak optimal, misalnya karena penyakit sel sabit atau cedera, atau jika limpa harus diangkat (splenektomi), maka jumlah trombosit bisa naik. Namun, kabar baiknya trombositosis jenis ini bersifat ringan sehingga sedang, dan dapat ditoleransi oleh tubuh.
5. Peradangan
Berbagai kondisi peradangan, seperti kelainan reumatologi, penyakit radang usus, vaskulitida, dan beberapa kondisi autoimun, dapat mengakibatkan jumlah trombosit tinggi. Kebanyakan, peradangan kronis lebih sering dialami orang dewasa dibandingkan anak-anak.
6. Cryoglobulinemia campuran
Kondisi yang dapat menyebabkan trombosit tinggi selanjutnya yaitu Cryoglobulinemia campuran. Pada kondisi ini, protein abnormal yang disebut cryoglobulin dalam darah menjadi saling menempel saat terkena suhu dingin.Hal ini dapat terjadi di tangan dan kaki, area diman sirkulasi darah dipengaruhi oleh penurunan suhu. Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan penyakit hepatitis C, lupus eritematosus sistemik, dan artritis reumatoid.
7. Kanker
Penyakit kanker dapat mengakibatkan jumlah trombosit tinggi, bisa di bilah ini juga merupakan efek sekunder dari keganasan kanker. Jenis trombosit tinggi pada pengidap kanker dikenal sebagai trombositosis paraneoplastik. Kondisi ini sering terjadi pada tumor padat atau kanker paru-paru, karsinoma hepatoseluler, kanker ovarium, dan kanker kolorektal. Peningkatan trombosit juga dapat terjadi pada pengidap leukemia myelogenous kronis.

Bagaimana Pengobatan Darah Kental (Trombosit Tinggi)?
1. Obat obatan pengencer darah seperti Aspirin, Vitamin E dosis tinggi ,
2. Lakukan pembuangan darah secara rutin setiap 3 bulan sebanyak 300ml di PMI setempat dimana anda berdomisi.
Kiranya ulasan kami yang singkat ini bisa membantu anda mengenal 2 kondisi berbeda antara DARAH ENCER vs DARAH KENTAL Sekilas info,semoga bermanfaat
RobertoNews 1832 《26.8.24(06.00)》
• Pratisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait