Tidur dengan Lampu Menyala? Awas Diabetes Mengintaimu

  • Whatsapp

beritalima.com | TIDUR sangat penting agar tubuh dapat tetap bugar. Selain itu, tidur dengan waktu cukup dapat membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit.

Namun, kamu tidak boleh tidur sembarangan, dalam keadaan lampu kamar menyala misalnya. Melansir The Healthy, studi baru dari NorthWestern University mengungkapkan menyalakan lampu saat tidur dapat meningkatkan resiko diabetes. Bagaimana itu bisa terjadi?

Penelitian tersebut merekrut 20 sukarelawan dewasa yang sehat (usia 18 hingga 40). Para sukarelawan menghabiskan tiga hari dan dua malam untuk menjalankan riset tersebut.

Pada malam pertama, mereka tidur dalam kegelapan pekat; kemudian malam kedua, setengah dari mereka tidur dalam ruangan gelap, dan setengahnya lagi tidur dengan lampu overhead yang menyala. Sementara para relawan tidur, peneliti melacak tanda-tanda vital relawan, aktivitas gelombang otak, dan gerakan kaki maupun mata. Mereka juga mengambil sampel darah setiap jam untuk mengukur melatonin.

Menurut laman The Joint, Melatonin adalah “tombol reset” untuk jam internal tubuh manusia yang mempengaruhi segalanya, mulai dari kesehatan sel hingga ketajaman mental. Melatonin juga merupakan antioksidan kuat, anti-inflamasi, modulator kekebalan tubuh dan hormon perbaikan utama yang dapat membunuh sel kanker.

Pagi harinya, peneliti melakukan tes toleransi glukosa pada para sukarelawan. Mengejutkannya, tidur dibawah sinar terang meningkatkan resistensi insulin, yang menjadi faktor risiko diabetes. Ketika insulin tidak dapat melakukan tugasnya, tubuh berjuang untuk memproses gula.

“Temuan awal kami menunjukkan bahwa satu malam paparan cahaya selama tidur secara akut berdampak pada ukuran resistensi insulin,” kata pemimpin penulis Ivy Cheung Mason, PhD, seorang rekan pascadoktoral di Fakultas Kedokteran Feinberg di Northwestern.

Menjaga jam tidur yang sama setiap malam, dan menciptakan ruang tidur yang benar-benar gelap, kamu dapat membawa perbedaan yang signifikan pada kondisi badanmu. Selain badan akan menjadi lebih fit, tidur akan menjadi lebih nyenyak dan kamu dapat terhindar dari potensi terkena penyakit.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait