Tim Nogogeni ITS Kembali Raih Kemenangan di KMHE 2024

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Kembali mengharumkan nama Kampus Pahlawan di kancah nasional, tim Nogogeni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membawa pulang dua prestasi gemilang dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024, Rabu (9/10/2024).

Pada kompetisi kali ini, tim Nogogeni ITS berhasil meraih juara 2 pada kategori Urban Concept untuk Mesin Pembakaran Dalam (MPD) berbahan bakar Etanol dan juga Motor Listrik.

Kepala Divisi Sponsorship and External Relation tim Nogogeni ITS Muhammad Syahrial Rizky menjelaskan bahwa KMHE menjadi ajang perlombaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) untuk melahirkan teknologi otomotif yang ramah lingkungan.

Gelaran yang diselenggarakan di Jakarta International E-Prix Circuit tersebut memiliki fokus utama pada efisiensi penggunaan bahan bakar.

Kompetisi ini terbagi dalam dua kategori, yakni Prototype dan Urban Concept yang masing-masing terbagi lagi menjadi empat subkategori berdasarkan sumber energinya.

“Pada tahun ini, tim Nogogeni berlaga di kategori Urban Concept tepatnya untuk MPD Etanol dan Motor Listrik,” tambah mahasiswa Departemen Teknik Mesin Industri tersebut.

Pada subkategori MPD Etanol, mobil Nogogeni VII tampil menawan dengan inovasi terbaru berupa optimasi mesin dan sistem penggerak yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi pembakaran serta mengurangi emisi.

Hasil riset tersebut mengantarkan tim Nogogeni ITS ke podium juara 2 dengan capaian efisiensi konsumsi bahan bakar mencapai 438,12 kilometer per liter (km/l).

Sementara itu, mobil Nogogeni IX Evo tampil impresif dengan bodi yang semakin ramping dan performa aerodinamika yang unggul.

Fokus utama pada pengurangan bobot kendaraan dan peningkatan sistem penggerak berhasil membawa Nogogeni IX Evo meraih juga juara 2 di subkategori Motor Listrik dengan tingkat efisiensi sebesar 272,86 km/kWh.

Pemuda kelahiran Pasuruan ini menambahkan bahwa torehan prestasi tersebut tentu tidak lepas dari adanya kerja sama yang baik antardivisi di tim Nogogeni ITS. KMHE 2024 tidak hanya memberikan pengalaman dan membuka wawasan baru, tetapi juga sarana untuk mempererat kekompakan tim .

”Sinergi inilah yang berhasil membawa kami menduduki posisi kedua pada setiap kategori, mengungguli lebih dari 60 tim lain,” tuturnya bangga.

Rutin berpartisipasi dalam ajang KMHE sejak 2015 silam, tim Nogogeni ITS pun sukses menyabet beberapa piala kejuaraan setiap tahunnya. Berkaca pada pencapaian tersebut, tim Nogogeni ITS berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan dan pengembangan dalam setiap inovasi yang dilakukan.

“Kami berharap estafet prestasi tim Nogogeni dapat terus berlanjut, baik di tingkat nasional maupun internasional,” tutup Rizky optimistis.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait