Tim Satgas Pengaman Perbatasan RI-PNG YONIF Mekans 512/QY Temukan Ladang Ganja

  • Whatsapp

KEROM, Berbagai upaya dan kegiatan dalam rangka pengamanan di wilayah perbatasan darat RI-PNG guna menciptakan suasana, rasa aman, nyaman dan kondusif di wilayah perbatasan. Jajaran Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY secara terencana melaksanakan kegiatan Pembinaan Teritorial Terbatas sesuai dengan tugas dan tanggung jawab di setiap Pos/jajaran masing-masing. Dalam kegiatan Pembinaan Teritorial Terbatas Tersebut Pos Kalimo Kompi A Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY berhasil menemukan Ladang Ganja yang masuk dalam wilayah tanggungjawabnya.Senin (26/06/2017)

Penemuan ladang ganja oleh Satgas Yonif Mekanis 512/QY di wilayah perbatasan RI-PNG terletak di daerah Kalilapar II, oleh tim patroli Satgas Yonif Mekanis 512/QY dari Pos 3/A Kalimo dipimpin langsung oleh Wadanpos 3/A Sertu Juahir.

Sertu Juahir menuturkan, ” Ladang ganja yang kami temukan di wilayah yang menjadi sektor tanggung jawab pos kami, diawali dengan adanya laporan dari masyarakat yang sudah dapat dipercaya sekitar pukul 09.00 wit.

Selanjutnya Danpos Kalimo memerintahkan 1(satu) tim sebanyak 9 (Sembilan) orang untuk melaksanakan patroli keamanan. di wilayah pos dan ketika kami melaksanakan patroli keamanan.

Setelah sekitar 2 jam perjalanan, anggota patroli yang berada di depan, yaitu Pratu Dedi Eka memberikan tanda untuk menghentikan perjalanan, karena mereka melihat tanaman yang diduga tanaman ganja di antara tanaman jagung. Selanjutnya diyakinkan bahwa tanaman tersebut adalah tanaman ganja, saya perintahkan kepada anggota patroli untuk melakukan penyisiran dan pencabutan serta laksanakan pencarian terhadap orang yang diduga pemilik ladang ganja tersebut.

Namun dari hasil penyisiran di lokasi tersebut, tidak ditemukan masyarakar atau siapapun di sekitar lokasi. Hasil penyisiran dan pencabutan tanaman ganja yang kami peroleh berjumlah 55 batang pohon dengan tinggi pohon sekitar 1-2 meter.

Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan kembali ke pos dengan membawa barang bukti tanaman ganja. Setelah sampai di pos Kalimo, kami melaporkan temuan ladang ganja kepada Danpos Kalimo Letda Inf Eko Widiyanto dan Danki A Satgas Yonif Mekanis 512/QY Kapten Inf Nikson Boantoa Pasaribu untuk selanjutnya dilaporkan kepada Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY beserta barang bukti 55 batang tanaman ganja ”

Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos selaku Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY mengatakan bahwa peredaran narkoba ditengah-tengah masyarakat saat ini masih marak dan dapat mengganggu stabilitas keamanan wilayah.

Kami tetap berkomitmen untuk berantas habis peredaran narkoba, salah satunya dengan memusnahkan ladang-ladang ganja yang berhasil kami temukan baik dengan cara patrol keamanan di sekitar pos maupun berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat di wilayah binter masing-masing pos.

” Mari kita bersama-sama untuk memberantas narkoba di wilayah perbatasan, dalam rangka menciptakan situasi wilayah perbatasan yang aman, damai dan bebas dari peredaran narkoba guna menjaga keutuhan Wilayah NKRI” tegas Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos.

Setelah melaporkan hasil temuan tersebut kepada Dankolakopsrem 172/PWY, Dansatgas Yonif 512/QY didampingi oleh Wadan Satgas Kapten Inf Endra Retno, Danki A Kapten Inf Nikson Pasaribu, S.Sos, Pakum Satgas Kapten Chk Bahrudin, S.H, Pasi Intel Satgas Lettu Inf Moh Harfin B.Sirajan, barang bukti berupa 55 batang pohon ganja di serahkan ke Polres Keerom dan diterima langsung oleh Kapolres Keerom AKBP Simon Sahureka.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *