Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan, KAI Daop 8 Surabaya Ganti Rel KA

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Peningkatan prasarana untuk meningkatkan keselamatan maupun kenyamanan pelanggan kereta api terus dilakukan PT KAI Daop 8 Surabaya. Terbaru, KAI Daop 8 Surabaya melakukan peningkatan konstruksi jalan rel kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, KAI Daop 8 Surabaya melakukan penggantian rel kereta api dari tipe R.50 menjadi tipe R.54, dan pengelasan menggunakan metode ‘flashbutt’ serta melakukan pemadatan batu ‘ballast’.

Hal tersebut dilakukan pada jalur hulu dan hilir di KM 155++025 sampai KM 197+100 atau sepanjang 42,75 km yang meliputi 7 stasiun, yakni Stasiun Bowerno, Babat, Gembong, Pucuk, Surabayan, Lamongan, dan Duduk.

“Proses pekerjaan ini diprogramkan selesai pada awal Desember, sehingga siap untuk melayani pelanggan pada masa Nataru 2024 – 2025,” kata Luqman, Senin (21/10/2024).

Dikemukakan, tujuan penggantian rel ini untuk meningkatkan kualitas keselamatan perjalanan KA, memberikan kenyamanan pada pelanggan, serta dapat meningkatkan kecepatan dan mempersingkat waktu tempuh perjalanan KA.

“Proses ini akan dilakukan saat ‘window time’ atau saat tidak ada kereta yang melintas, yang dimaksudkan untuk menghindari dampak operasional perjalanan kereta api,” katanya.

Namun demikian, lanjut Luqman, KAI Daop 8 Surabaya tetap meminta maaf bila dalam pengerjaan penggantian rel mengakibatkan adanya sedikit kelambatan perjalanan kereta. Karena selama pengerjaan itu berlangsung, kecepatan kereta api saat melintasi lokasi pengerjaan akan dikurangi agar keselamatan senantiasa terjaga.

KAI Daop 8 Surabaya tetap berkomitmen mengupayakan agar pengerjaan penggantian rel ini tidak mengganggu operasional perjalanan kereta api, serta perjalanan kereta api tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Ditambahkan, KAI juga telah melakukan persiapan semaksimal mungkin dalam rangka pengaturan dan persiapan pengerjaan penggantian rel kereta api di lintas.

“Evaluasi juga akan dilakukan secara rutin serta menerapkan langkah-langkah antisipatif agar perjalanan KA dapat senantiasa berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali,” tutup Luqman. (Gan)

Teks Foto: Pengerjaan penggantian rel kereta api yang sedang dilakukan PT KAI Daop 8 Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait