Tingkatkan Keselamatan Dan Keamanan, KAI Ganti Bantalan Rel Kayu Ke Sintetis

  • Whatsapp
Tingkatkan keselamatan dan keamanan, KAI ganti bantalan rel dari kayu ke sintetis

Jakarta, beritalima.com |– Untuk tingkatkan keselamatan, keamanan dan kenyamaan, KAI ganti bantalan rel kayu dengan sintesis. Ini merupakan komitmen KAI mendukung keberlanjutan lingkungan melalui pemanfaatan teknologi dalam kinerja operasionalnya.

“Komponen yang diganti menjadi bantalan sintetis yaitu bantalan kayu di kontruksi jembatan baja. Biasanya bantalan rel pada jembatan baja menggunakan kayu karena lebih ringan dibanding bahan beton yang berat. Saat ini KAI melakukan inovasi mengganti bantalan kayu menjadi bantalan sintetis, karena dinilai jauh lebih ramah lingkungan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

Pada 2022 KAI melakukan pengadaan bantalan sintetis sebanyak 5.656 batang, Di 2023 jumlah pengadaannya meningkat menjadi 16.353 batang. Selanjutnya di 2024 ini KAI memprogramkan mengganti 15.864 batang kayu menjadi sintetis.

“KAI menargetkan menganti seluruh bantalan kayu pada kontruksi jembatan baja menjadi berbahan sintetis di tahun ini. Bantalan kayu selain kurang ramah lingkungan, tentunya kurang tahan lama dan mudah lapuk terutama di daerah dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Dengan ciri khas tersebut, masa penggunaan bahan sintesis akan lebih lama dibandingkan dengan bahan kayu, sehingga KAI dapat lebih efesiensi dalam pembiayaan perawatan prasarananya ,” tambah Anne.

Alasan tersebut diambil KAI, ucap Anne, dengan pertimbangan bantalan sintetis memiliki umur teknis yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan bantalan kayu karena memiliki kekuatan lebih tinggi dan juga ketahanan terhadap cuaca jauh lebih baik.

Pertimbangan lainnya, “dengan begitu biaya perawatan dan masa penggantian bantalan sintetis akan lebih efektif dan efisien dengan jangka waktu lebih lama dibandingkan dengan bantalan kayu. Tidak hanya mempertimbangan efektifitas dan efisiensi, KAI juga sangat mempertimbangan faktor keamanan dan keselamatan saat memutuskan untuk mengganti bantalan kayu dengan sintetis,” jelas Anne.

KAI telah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan material bantalan sintetis memenuhi spesifikasi teknis yang ditetapkan. Pengujian meliputi, kekuatan lentur dan modulus Young pada lenturan, ketahanan beban lentur, ketahanan tekan longitudinal, kuat geser, kuat geser lekat,   tegangan tembus arus bolak-balik, resistansi isolasi arus searah, kekuatan cabut screw spike, Pengukuran dimensi, ketahanan api, ketahanan fatik (Fatigue resistant test) dan ketahanan terhadap cuaca.

“Fungsi bantalan rel sangat vital untuk keselamatan perjalanan kereta api. Penggantian bantalan kayu dengan bantalan sintetis tidak hanya menghemat biaya tetapi juga berkontribusi pada kelestarian lingkungan, karena bahan baku yang digunakan tidak berasal dari penebangan pohon,” papar Anne.

Jurnalis: Rendy/Abri

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait