Tingkatkan Layanan Navigasi Elektronik, Pushidrosal Gelar Pertemuan Internasional Di Bali

  • Whatsapp

Bali, beritalima.com|- TNI AL melalui Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) gelar pertemuan International Centre for Electronic Navigational Charts (IC-ENC atau Navigasi Elektronik) Steering Committee-25 di Bali (16-18 Juli).

Kegiatan yang dibuka Danpushidrosal Laksamana Madya Budi Purwanto, dihadiri 50 Negara anggota IC-ENC dari seluruh dunia.

Konferensi ini membahas beberapa materi terkait tantangan ke depan Lembaga Hidrografi di seluruh dunia dalam kegiatan produksi dan distribusi ENC untuk kepentingan navigasi, khususnya guna meningkatkan layanan serta menghadapi implementasi standar baru S-100 yang akan di berlakukan pada 2029 dalam rangka meningkatkan efisiensi dalam bernavigasi dan meningkatkan keselamatan pelayaran.

International Centre for Electronic Navigational Charts (IC-ENC) adalah organisasi nirlaba beranggotakan Lembaga hidrografi dari seluruh dunia bertujuan membantu produsen ENC dalam menyelaraskan produksi dan distribusi ENC berkualitas tinggi yang dicapai melalui proses validasi dan distribusi sesuai dengan rekomendasi IHO.

Berdasarkan Resolusi IHO No. 1/1997 (IHO Resolution 1/1997 as amended) tentang prinsip Worldwide Electronic Navigational Charts Database (WEND), IHO menyarankan kepada seluruh negara anggota untuk bergabung dengan RENC (Regional ENC) yang salah satunya adalah IC-ENC untuk selaraskan standar ENC serta menghindari overlapping ENC antar negara yang dapat membahayakan keselamatan pelayaran.

Pushidrosal telah tergabung pada IC-ENC sejak 2023 dengan jumlah ENC yang didistrbusikan sebanyak 623 yang meliputi seluruh wilayah Indonesia.

Dengan bergabungnya Indonesia di IC-ENC serta peran aktifnya dalam organisasi tersebut, akan memberikan manfaat sangat strategis dalam rangka menjamin ketersediaan produk ENC Pushidrosal ke seluruh dunia yang berkualitas.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait