Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Bondowoso Gandeng Perpus Jatim Sosialisasi Baca dan Literasi

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Dalam rangka meningkatkan budaya gemar membaca di seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2022 ini, Dinas Perpustakaan Jatim bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Bondowoso menggelar Roadshow/Talkshow sosialisasi budaya baca dan literasi di Pendopo Bupati Bondowoso, Senin (7/2) kemarin.

Sosialisasi mengusung tema ‘Membumikan Literasi’ itu dihadiri Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin, Duta Baca Nasional dan Jawa Timur, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur, beberapa Jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Tim Penggerak PKK, serta para pegiat literasi Bondowoso.

Bupati Drs KH Salwa Arifin dalam sambutannya mengatakan, pemerintah telah melakukan beberapa kegiatan daerah untuk membangun minat baca di Bondowoso.

”Kami sedang menggalakkan Gerakan Literasi Daerah (Gelida) dengan berbagai pendekatan dan strategi untuk membangun minat baca di Bondowoso,” ungkapnya.

Bupati Salwa menjelaskan, pendekatan minat baca yang telah dilakukan untuk berbagai segmen. Seperti instansi, yakni dengan menggalakkan Subari (Sudut Baca Referensi Literasi). Dan segmen sekolah, dengan melakukan gerakan penguatan gerakan literasi sekolah dengan Aksi Parisakatu (Aksi Panggung Hari Selasa, Kamis dan Sabtu).

“Ketiga segmen keluarga, dengan menginstruksikan gerakan Ibu Mendongeng (Gendongan). Keempat, segmen masyarakat dengan penyediaan sarana perpustakaan di tempat umum yang mudah dijangkau,” jelasnya.

Dengan berbagai segmen itu, Bupati Salwa Arifin meyakini bahwa Bondowoso akan meningkat minat bacanya. ”Saya yakin Bondowoso akan Melesat dengan adanya gerakan literasi dan menulis,” pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait