TNI AU Miliki Skadron “Siber” Pendidikan 506

  • Whatsapp
TNI AU resmikan Skadron "Siber" Pendidikan 506

Bogor, beritalima.com |– TNI AU kini miliki Skadron “Siber” Pendidikan (Skadik) 506. “Teknologi siber dan IT kini telah menjadi garda terdepan dalam pertahanan modern yang harus kita kuasai dan kembangkan secara optimal,” ujar Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono.

Kasus meresmikan Skadik 506 di Wing Pendidikan 500/Umum, Bogor, Jawa Barat (10/10). “Di tengah ancaman cyber serta perang informasi, Skadron Pendidikan 506 akan berfungsi sebagai wadah bagi prajurit TNI Angkatan Udara untuk mendalami ilmu cyber, keamanan informasi serta berbagai aspek teknologi digital yang akan memperkuat pertahanan negara,” jelas Kasau.

Dikatakan Kasau, perkembangan teknologi siber dan informasi telah menjadi elemen krusial dalam pertahanan negara. Karena, ancaman siber terhadap infrastruktur kritis, data strategis dan komunikasi militer semakin nyata dan beragam.

Menanggapi ancaman tersebut, menurut Kasau, berdirinya Skadik 506 sebagai pusat pendidikan yang fokus pada siber dan teknologi informasi sebagaimana tertuang dalam keputusan Kasau Nomor Kep/506/X/2024.

Skadik 506 yang dipimpin oleh Letkol Lek Rizab Fadli, nantinya kolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan standar nasional.

Jurnalis: Abri/Rendy

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait