Tomat Banyak Manfaatnya Loh ?

  • Whatsapp

Oleh ;
DR.dr,Robert Arjuna FEAS *
Di daerah khatulistiwa seperti Indonesia segala sesuatu tumbuhan hidup subur berantakan seperti tomat bisa hidup dimana mana baik didaratan tinggi maupun rendah sehingga pada umumnya tomat dijadikan beraneka masakan seperti salad sayur, sup, dan sandwich lalapan dalam masakan,bumbu dalam sambel cabe, dijuice di masak tim or dionseng dsbnya, namum banyak orang bertanya tomat termasuk buah atau sayur?
Makanan ini juga mengandung jenis antioksidan lainnya yang tidak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Mulai dari beta karoten, likopen, enzim fitoena, dan fitofluena.

Tomat merupakan tumbuhan yang 1x kali ditemukan di Amerika Selatan, nasih berkerabat dengan terung, kentang dan paprika.Tomat termasuk buah karena strukturnya memiliki mempunyai daging dan biji yang aman apabila tertelan

Berdasarkan The European Food Information Council, tomat termasuk ke dalam kategori buah jika melihat dari segi botani. jika melihatnya dari segi kuliner maka tomat merupakan salah satu jenis sayuran. Jika melihat dari klasifikasi botani dan ilmu pengetahuan, tomat masuk dalam kategori buah-buahan. Sebab, tomat memiliki biji di dalamnya dan tumbuh dari bunga tanaman. Seperti buah secara umum lainnya, tomat juga terbentuk dari bunga kuning kecil dan mengandung banyak biji.

Banyak orang belum dapat membedakan antara buah dan sayuran. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2014), buah merupakan bagian tumbuhan yang berasal dari bunga atau putih dan biasanya berbiji, sedangkan sayur merupakan daun-daunan, tumbuh-tumbuhan, polong atau bijian, dan sebagainya yang dapat dimasak.

Tomat menjadi salah satu bahan makanan yang tinggi nutrisi dan kerap menjadi bahan sejumlah hidangan lezat. Tak cuma mengandung 95 persen air di dalamnya, nyatanya ada berbagai kandungan nutrisi penting. dalam 100 gram makanan sehat ini, yaitu:

KANDUNGAN TOMAT:
Kalori: 20.
Protein: 1 gram.
Lemak: 0,3 gram.
Karbohidrat: 4,2 gram.
Serat: 1,2 gram.
Kalsium: 5 miligram.
Vitamin B: 60 mikrogram.
Fosfor: 27 miligram.
Vitamin C: 40 mikrogram.
Vitamin A: 1500 SI.
Zat besi: 0,5 miligram.

Tomat adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung
1. Karotenoid utama, seperti lutein dan likopen.
2. Asupan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.
3. Asam folat dan antioksidan yang diperlukan untuk tubuh juga terdapat dalam tomat.
4. Memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh.

TOMAT ITU BUAH ATAU SAYURAN
Terjadi p3rdebatan sengit antara buah dan sayur makaDalam mengklasifikasi tomat harus dilakukan dengan dua cara, yakni
1. Melihatnya dari segi botani dan kuliner. Berdasarkan The European Food Information Council, tomat termasuk ke dalam kategori BUAH jika melihat dari segi botani.
Menurut laporan Britanica, tomat masuk ke dalam kategori buah menurut sudut pandang botani. Hal ini karena tomat mengandung biji.istilah buah digunakan untuk menggambarkan buah botani yang manis dan berdaging. Lalu, buah setidaknya memiliki satu biji dan tumbuh dari bunga tanaman.Oleh sebab itu, dari sudut pandang botani dikatakan bahwa tomat tergolong buah karena mengandung biji serta tumbuh dari bunga tanaman tomat.

1. Melihatnya dari segi kuliner maka tomat merupakan salah satu jenis SAYURAN Hal ini membuat tomat umum dipakai dalam sejumlah bahan masakan.Tomat memiliki kandungan air, terasa sedikit manis, dan dapat dinikmati secara mentah. Meski begitu, dalam dunia kuliner tomat ditetapkan sebagai sayuran dan dapat dimasak dengan bahan makanan lainnya untuk menambah cita rasa.
Maka dari itu, tomat lebih banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan, seperti salad sayur, sup, dan sandwich. Tentu, rasanya akan aneh jika melihat tomat dijadikan sebagai hidangan dessert
Pengadilan Mahkamah Agung Amerika Serikat menetapkan bahwa tomat masuk ke dalam kategori sayuran pada tahun 1893. Penetapan tomat sebagai sayuran disebabkan karena adanya gugatan yang dilayangkan oleh importir buah. Pengadilan mahkamah Agung AS memutuskan bahwa tomat tergolong sebagai sayuran dengan penerapan pajak mengikuti aturan. Keputusan tersebut juga melihat dari penggunaan tomat selama ini dalam bidang kuliner.

KESIMPULAN
1. Tomat adalah buah-buahan dan bukanlah sayuran.
2. Buah ini adalah makanan kaya nutrisi yang memberikan beragam manfaat kesehatan.
Demikian sekilas info,semoga bermanfaat guna,Terimakasih.
RobertoNews 1826 《15.8.24(06.11)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait