Total Aksi PT KAI Daop 8 Surabaya Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Beragam tindakan dilakukan PT KAI Daop 8 Surabaya saat negeri ini dilanda wabah Virus Corona (Covid-19). Terbaru, Kamis (16/4/2020), mereka melakukan serangkaian kegiatan di sekitar Stasiun Surabaya Gubeng.

Dalam aksi bertajuk “Gerakan Lawan Covid-19″ ini PT KAI Daop 8 Surabaya mengawali dengan melakukan penyemprotan disifektan di tempat-tempat ibadah, diantaranya Masjid Al Ittihaad, Musholla An-Nuur, Musholla Kantor PT KAI Daop 8 Surabaya, dan 2 musholla di area Stasiun Surabaya Gubeng.

Selesai penyemprotan, dilanjut dengan pembagian sembako dan masker secara gratis. Tidak kurang dari 50 paket sembako dibagikan kepada para pengurus masjid dan porter, dan sebanyak 500 masker dibagikan kepada masyarakat di sekitar stasiun.

“Bakti sosial bagi-bagi sembako ini kami harapkan bisa menggugah kepedulian masyarakat agar saling peduli, serta bersatu dalam menghadapi wabah virus Corona,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, di sela memimpin rangkaian kegiatan ini.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini, Tim Humas PT KAI Daop 8 Surabaya juga memberikan sosialisasi pada para penumpang dan masyarakat sekitar Stasiun Gubeng tentang pentingnya memakai masker bila terpaksa harus beraktifitas di luar rumah.

Suprapto menambahkan, tentang penggunaan masker pihaknya juga sudah gencar mensosialisasikannya sejak sepekan lalu, bahkan mewajibkan pakai bagi para penumpang KA maupun masyarakat yang berada di area stasiun.

“Sejak 12 April lalu kami mewajibkan para pengguna jasa layanan Kereta Api untuk memakai masker atau kain penutup hidung dan mulut. Bila ada yang menolak, yang bersangkutan dilarang naik KA, dan uang tiket kami kembalikan 100% di luar bea pesan,” tegas Suprapto.

Demikian pula tentang penyemprotan disifektan dan sosialisasi tentang Covid-19 serta pencegahannya, sebelumnya juga sudah gencar dilakukan.

Tidak hanya itu, untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus Corona, disamping juga karena sepinya penumpang akibat wabah ini, pihaknya telah banyak mengurangi operasional KA.

Di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sudah 48 KA yang operasionalnya diberhentikan, baik KA Lokal maupun KA Jarak Menengah/Jauh, sehingga tinggal 39 KA yang masih beroperasi.

“Melalui kegiatan kampanye “Ayo Lawan Covid-19″ ini kami harapkan bisa menjadi sarana edukasi pada masyarakat Surabaya agar patuh atas berbagai langkah dan imbauan pemerintah,” ucap Suprapto.

Imbauan itu, lanjut dia, diantaranya tetap beraktifitas di dalam rumah, selalu mencuci tangan, selalu melakukan physical/sosial distancing, dan gunakan masker bila terpaksa harus beraktifitas di luar rumah. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait