Tradisi Pedang Pora, Sambut Kapolres Baru Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Polres Tulungagung, Polda Jatim, menggelar upacara tradisi pedang pora di halaman Mapolres untuk menyambut kedatangan Kapolres Tulungagung baru yakni AKBP Muhammad Taat Resdi, SH, SIK, M.T.C.P.

Sebelum memasuki Mapolres, AKBP Muhammad Taat yang didampingi ketua Bhayangkari Cabang Tulungagung, disambut kalungan bunga melati oleh Wakapolres Tulungagung Kompol Christian Bagus Yulianto.

Kemudian, Kapolres bersama istri dengan diiringi tarian Reog Kendang personel Polres Tulungagung, berjalan menuju pintu gerbang Mapolres yang juga disambut oleh seluruh anggota Polres Tulungagung yang berjajar di samping kanan dan kiri hingga pintu gerbang Mapolres.

Memasuki pintu gerbang Mapolres, Kapolres Tulungagung disambut dengan penghormatan pasukan dan prosesi pedang pora oleh sejumlah perwira.

Sebelum bertemu AKBP Teuku Arsya yang sudah menunggu di depan Mapolres, Kapolres bersama istri juga disambut oleh PJU dan seluruh Kapolsek jajaran.

Kasi Humas Polres Tulungagung IPTU Mujiatno mengatakan, prosesi pedang pora merupakan tradisi yang digunakan oleh institusi yang dalam hal ini dilakukan sebagai bentuk penyambutan ataupun perpisahan kepada pejabat Polri maupun TNI, baik yang akan melaksanakan tugas maupun yang mengakhiri masa pengabdiannya.

“Prosesi pedang pora merupakan sebuah tradisi di institusi kami dan di Polres Tulungagung biasanya dilakukan untuk menyambut kedatangan Kapolres baru dan melepas pejabat lama,” terang Mujiatno. Sabtu, (20/07/2024).

Lanjut Mujiatno, upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolres Tulungagung sebelumnya telah dilaksanakan di Mapolda Jawa Timur dengan dipimpin langsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si, pada Rabu (17/07/2024) kemarin.

Dijelaskannya, Kapolres Tulungagung AKBP Muhammad Taat Resdi, SH, SIK, M.T.C.P sebelumnya telah menjabat sebagai Kanit I Subdit I Dittipideksus Bareskrim Polri.

“Selanjutnya, bapak AKBP Teuku Arsya Khadafi, menempati jabatan barunya sebagai Wakapolres Jakarta Barat Polda Metro Jaya,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait