Ulas Perlindungan Data, Delegasi FH Borong Dua Gelar dalam LKTI Nasional

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Delegasi Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil raih juara I sekaligus best presentation dalam lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang terlaksana oleh Universitas Jember.

Kegiatan lomba itu berlangsung pada Jumat (4/10/2024) hingga Minggu (6/10/2024). Delegasi FH tersebut beranggotakan Abdullah Faris Mumtaz (2021), Nadirah Dinta Ardiyanti (2023), dan Nabil Afif Fauzy (2023).

Nabil menyebutkan bahwa lomba itu terlaksana secara hybrid. Pengiriman berkas penulisan secara online hingga pada saat semifinal terlaksana langsung di Universitas Jember.

Lebih lanjut lomba itu mengangkat tema “Good Governance in the Digital Era for Protection of Cyberspace”.

Perlindungan Data Pribadi
Melalui subtema perlindungan data privasi, Nabil dan tim mengangkat topik penulisan “Implementasi Konsep Privacy by Design dan Privacy by Default melalui Pendekatan Zero Trust sebagai Aktualisasi Perlindungan Data Pribadi oleh Pemerintah”.

Perkembangan digital yang begitu cepat, menjadi sebab perlu terdapat perlindungan hukum terkait data pribadi.

“Kami membahas urgensi pengaturan yang lebih teknis dan spesifik mengenai pemerintah sebagai pengendali data dalam menjamin perlindungan data pribadi. Terlebih lagi, kami mengomparasikan perkembangan perlindungan data pribadi di Uni Eropa dan penerapan zero trust di Amerika Serikat yang seharusnya dapat terlaksana juga di Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, masih banyak kekurangan yang perlu dikembangkan dalam perlindungan hukum data pribadi di Indonesia. Lebih lanjut, ia dan tim memberikan solusi dalam tulisan itu untuk membuat peraturan perundang-undangan yang secara khusus menjamin peran pemerintah terhadap data pribadi milik masyarakat.

Pertama Kali Lomba KTI
Nabil dan tim mengakui bahwa lomba ini merupakan pertama kalinya pada bidang karya tulis ilmiah. Menambah pengalaman sekaligus ingin mengembangkan pengetahuan di bidang penulisan hukum, menjadi alasan utama mengikuti lomba karya tulis ilmiah.

“Kami bersyukur dengan pertama kalinya ikut lomba karya tulis ilmiah mendapatkan juara I sekaligus best presentation. Meskipun dengan waktu persiapan selama sepuluh hari sekaligus bersamaan ujian tengah semester, menjadi tantangan bagi tim kami untuk memberikan hasil terbaik,” ungkapnya.

Nabil mengatakan bahwa kunci utama untuk meraih juara dalam lomba yakni membentuk tim yang solid.

“Komitmen yang kuat serta memiliki ketertarikan yang sama terhadap perlombaan, merupakan motto kami untuk meraih juara. Terakhir, apa pun yang sedang kita lakukan, jangan pernah untuk menunda pekerjaan dan berani untuk terus mencoba,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait