Unair Ajak Maba Peduli Lingkungan Lewat Gerakan Tanam 150 Pohon

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Gelaran Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Airlangga (Unair) tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru (maba), namun juga menjadi wadah untuk membentuk karakter maba.

Salah satu cara Unair untuk membentuk karakter maba adalah dengan menggelar Darya Megar Garuda Gerakan Tanam Pohon. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Direktorat Logistik, Keamanan, Ketertiban dan Lingkungan (DLKKL) Unair bersama Kementerian Lingkungan Hidup (LH) BEM Unair.

Direktur Kemahasiswaan Unair, Prof Dr M Hadi Shubhan hadir dalam gelaran yang berlangsung di Halaman Belakang Gedung Kuliah Bersama (GKB), Kampus MERR-C, pada Sabtu (24/8/2024).

Guru Besar Fakultas Hukum itu mengatakan bahwa kegiatan menanam pohon ini merupakan salah satu cara Unair untuk mengedukasi mahasiswa baru agar lebih peduli terhadap lingkungan. Pasalnya, di era sekarang permasalahan lingkungan telah menjadi isu yang semakin penting.

“Hal ini menjadi penting karena menciptakan lingkungan kampus yang hijau merupakan tugas kita bersama. Dengan demikian, gelaran tanam pohon ini menjadi langkah kecil kita semua dalam menciptakan lingkungan kampus yang asri,” tutur Prof Hadi Subhan.

Mahasiswa baru bersama-sama menanam sebanyak 150 pohon di daerah halaman belakang Gedung Kuliah Bersama (GKB). Terdapat empat jenis pohon yang mahasiswa baru tanam, yakni pohon kelengkeng, mangga, alpukat, dan jambu air.

Prof Hadi berharap, gerakan menanam pohon ini menjadi hal positif ini dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya. Ia juga menjelaskan bahwa dengan menanam pohon maka generasi muda telah berperan aktif dalam menuntaskan persoalan lingkungan yang ada.

“Harapan kami kegiatan positif ini akan terus berlanjut hingga periode PKKMB selanjutnya supaya visi menciptakan lingkungan kampus yang asri dapat terwujud,” ujar Prof Hadi
Kesan.

Salah satu peserta kegiatan menanam pohon, Farhan Suadi merasa sangat senang dengan kepedulian Unair mengajarkan gerakan tanam pohon ke maba.

Menurut maba Fakultas Vokasi itu rasa kepedulian atas lingkungan perlu ditanamkan sejak awal agar terbentuk menjadi budaya dan kebiasaan.

“Saya sangat berkesan dengan gerakan tanam pohon ini. Saya turut bangga karena Unair tidak hanya sebagai world class university, namun juga menciptakan kampus menerapkan zero emission dengan menanam pohon,” ujar Farhan.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait